logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Vitamin Penting Untuk Rambut

Majuwanita.com - Tidak ada satu pun wanita yang senang jika rambutnya mengalami kerontokan, tipis, ataupun beruban. Hal inipun sebenarnya dirasakan sama oleh para pria, namun mengingat rambut adalah mahkota bagi wanita, maka tak heran jika masalah kesehatan rambut menjadi perhatian utama oleh kebanyakan wanita.

Vitamin Penting Untuk Rambut


Tidak jauh berbeda dengan bagian tubuh lainnya, rambut juga membutuhkan asupan nutrisi khusus agar pertumbuhan dan perkembangannya bisa tetap optimal. Hanya saja, banyak diantara kita yang tidak menyadari akan hal ini.

VITAMIN PENTING UNTUK RAMBUT
Banyak anggapan bahwa rambut seseorang dapat tumbuh sempurna dengan sendirinya. Padahal, asupan dari makananlah yang dapat mempengaruhi baik atau tidaknya kualitas dari pertumbuhan rambut kita. Maka dari itu, perhatikanlah konsumsi harian Anda agar bisa memiliki rambut yang sehat dan indah.
Agar bisa mewujudkan hal tersebut, sebaiknya konsumsilah makan yang memiliki kandungan seperti:

- Zinc
Mungkin Anda sudah sangat sering mendengar istilah zinc di dalam iklan shampo. Hal ini sangatlah wajar karena zinc memang merupakan kandungan yang sangat berpengaruh bagi kesehatan rambut. Masalah seperti kerontokan, rambut tipis ataupun kebotakan bisa ditanggulangi dengan zinc. Kandungan zinc bisa Anda temukan di dalam makanan seperti kacang, daging, dan udang. Zinc itu sendiri memiliki fungsi untuk menguatkan rambut hingga ke akar sehingga bisa mengatasi kerontokan.

- Folic Acid
Folic Acid biasa juga disebut dengan istilah vitamin B9 atau asam folat. Jenis asam ini memiliki peranan penting dalam pertumbuhan rambut. Selain memiliki manfaat bagi kulit dan kesehatan, folid acid juga bisa membantu untuk mengatasi kerontokan dan mencegah munculnya uban. Asam folat bisa didapatkan di dalam buah alpukat, jeruk, pepaya, jagung, kentang, hati sapi, bayam, dan roti.

- Biotin
Vitamin penting untuk rambut selanjutnya adalah biotin yang di dalam dunia kesehatan sudah tidak diragukan lagi akan manfaatnya. Biotin itu sendiri dapat menurunkan berat badan, mengatur gula darah, serta mengatur metabolisme energi. Selain itu, biotin juga memiliki khasiat untuk meningkatkan kesehatan dari rambut.

- Yodium
Apabila Anda mengalami kerontokan, hal ini bisa saja bukan karena penggunaan shampo yang salah, namun dikarenakan kurangnya asupan vitamin, seperti yodium. Apabila tubuh kekurangan yodium, maka bisa berdampak terhadap kesehatan tubuh, salah satunya menyebabkan rambut rontok. Semakin rendah kandungan yodium di dalam tubuh seseorang, maka semakin besar pula potensi kerontokan rambut yang dialami. Kandungan yodium bisa diperoleh dengan mengkonsumsi makanan seperti seafood, garam, ataupun buah-buahan.

- Selenium
Selenium merupakan salah satu zat yang sangat penting untuk mendukung pertumbuhan rambut. Selenium itu sendiri merupakan senyawa non logam yang memiliki fungsi penting untuk tubuh. Selain itu, selenium juga dipercaya sebagai zat yang bisa menghambat terjadinya ketombe. Nasi, ayam, telur, ikan, roti, dan sarden merupakan jenis makanan yang banyak mengandung selenium.

- Zat Besi
Pada umumnya, zat besi lebih dikenal sebagai zat penambah darah, namun sebenarnya zat ini termasuk sebagai vitamin penting untuk rambut. Korelasi antara zat besi dengan kesehatan rambut terdapat pada sirkulasi darah. Apabila kandungan zat besi yang ada di dalam tubuh bagus, maka sirkulasi darah akan bagus pula sehingga bisa mencapai ke akar rambut. Makanan seperti daun singkong, bayam, daging, biji-bijian, sawi, dan kuning telur merupakan sumber terbaik zat besi.

- Protein
Agar bisa memiliki rambut yang kuat dan tebal, dibutuhkan pula asupan protein yang cukup. Protein dibutuhkan oleh rambut agar tidak mudah rontok atau patah. Selain itu, kekurangan protein bisa juga menjadikan warna rambut berubah. Kandungan protein bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi ayam, ikan, kangkung, tahu, susu, kuning telur, dan daging.

- Belerang
Belerang atau sulfur sangat sering dimanfaatkan untuk mengatasi masalah jerawat. Namun ternyata, belerang bisa pula digunakan untuk mengatasi ketombe dengan cara mengurangi rasa gatal akibat ketombe. Maka tak heran jika banyak shampo anti ketombe yang memanfaatkan belerang di dalam setiap produknya. Susu, keju, daging, dan telur merupakan jenis makanan yang mengandung belerang.

***

Itulah beberapa jenis vitamin penting untuk rambut yang sebaiknya Anda pertimbangkan untuk dimasukkan ke dalam menu harian.
Enter your email address to get update from Majuwanita.com.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2014. Majuwanita.com - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Redesign Majuwanita.com Proudly powered by Blogger