logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Obat Herbal Untuk Sakit Kepala

Obat Herbal Untuk Sakit Kepala – Sakit kepala bukanlah sebuah masalah yang harus selalu ditangani dengan menggunakan obat kimia, karena ada begitu banyak obat herbal yang bisa dimanfaatkan untuk meredakan sakit kepala.

Selain memiliki khasiat yang ampuh, obat herbal juga sangat terjangkau dan minim akan resiko efek samping, kecuali jika memang digunakan secara berlebihan. Tapi meskipun obat ini bersifat herbal, namun penggunaannya haruslah disesuaikan dengan jenis sakit kepala yang Anda derita. (Baca juga : Minum air putih dapat mengurangi sakit kepala)

Obat Herbal Untuk Sakit Kepala
Obat Herbal Untuk Sakit Kepala
TENSION HEADACHES
Tension headaches merupakan jenis sakit kepala yang sangat umum terjadi dimana kepala terasa seperti dihimpit oleh sesuatu secara keras. Sakit kepala jenis ini disebabkan karena adanya kontraksi pada otot-otot yang ada di sekitar daerah tengkorak kepala. Rasa sakit yang ditimbulkan dapat menular ke telinga dan di sekitar bagian depan kepala. Hal ini dipicu karena kurangnya waktu tidur. Untuk sakit kepala seperti ini, ada beberapa obat herbal yang bisa Anda coba:

     - Peppermint Oil
Obat yang berasal dari daun peppermint ini sangat ampuh untuk menyembuhkan sakit kepala. Caranya dengan mengusapkan minyaknya di area batas tumbuh rambut kepala. Sensasi dingin yang diberikan akan menjadikan otot-otot pada kepala dan leher menjadi lebih rileks. Saat otot pada kepala dan leher menjadi rileks, maka sesuatu yang terasa menghimpit kepala tadi akan serasa terurai.

    - Ginger Tea
Obat herbal untuk sakit kepala selanjutnya adalah dengan merebus jahe yang sudah dimemarkan sehingga menjadi teh. Konsumsi teh buatan sendiri ini mampu mengurangi peradangan sehingga rasa sakit pada kepala bisa dikurangi. Ketika merebus jahe, Anda bisa juga menambahkan gula merah atau madu, namun jangan terlalu banyak. Khasiat dari teh jahe itu sendiri akan bereaksi dalam waktu yang sama ketika Anda mengkonsumsi obat kimia.

CLUSTER HEADCHES
Jenis sakit kepala yang satu ini menimbulkan rasa dingin yang menusuk-nusuk ke dalam kepala. Rasa sakitnya itu sendiri akan berlangsung pada klaster yang sama dalam beberapa minggu. Sangat sering dialami pada malam hari sehingga akan mengganggu waktu tidur penderitanya. Terjadi secara berulang-ulang hingga berminggu bahkan berbulan-bulan. Selain itu, sakit kepala ini juga sering disertai dengan demam atau hidung berlendir. Pada umumnya, sakit kepala seperti ini akan muncul saat cuaca sedang dingin. Obat herbal yang cocok untuk cluster headches adalah:

    - Capsaicin Cream
Sebuah krim dengan kandungan cayenne pepper, sebuah zat yang juga terdapat di dalam cabai. Krim ini sangat baik untuk mengobati gejala-gejala pada syaraf. Cukup dengan mengusapkannya di daerah hidung yang terdampak. Krim ini sendiri bekerja dengan cara menghambat nyeri syaraf terjadi.

MIGRAINE HEADCHES
Rasa sakitnya terjadi pada salah satu sisi saja yang bisa memicu penderitanya menjadi sensitif pada suara dan cahaya serta membuat mual. Sakit pada satu sisi kepala saja ini bisa berpindah-pindah pada sisi yang lainnya. Wanita memiliki resiko 3 kali lebih besar untuk menderita penyakit ini. Obat herbal untuk sakit kepala seperti ini:

     - Feverfew
Suplemen berbahan bunga matahari ini sangat efektif untuk mengatasi migrain. Feverfew bekerja dengan cara mengurangi radang pada saraf serta mencegah agar rasa sakit tidak menjalar ke sisi yang lain.

     - Acupressure Massage
Ini merupakan salah satu metode penyembuhan tradisional yang berasal dari Tiongkok. Cara penerapannya dengan memijat titik tertentu yang bertujuan untuk menghilangkan rasa sakit. Anda bisa memposisikan kedua ibu jari di antara area yang sakit lalu tekan secara kuat selama 3 hingga 5 menit.

***

Nah, itulah beberapa obat herbal untuk sakit kepala yang sekiranya bisa menjadi alternatif ketika Anda mengalami sakit kepala.
Enter your email address to get update from Majuwanita.com.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2014. Majuwanita.com - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Redesign Majuwanita.com Proudly powered by Blogger