logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips Merawat Kesehatan Gigi

Tips Merawat Kesehatan Gigi – Secara umum, masyarakat luas masih belum memiliki kesadaran tinggi mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi. Hal ini bukan hanya mengenai bagaimana perilaku terhadap gigi itu sendiri, namun juga mengenai kebiasaan dalam mengkonsumsi makanan.

Tips Merawat Kesehatan Gigi

Kebiasaan mengkonsumsi makanan manis ataupun menggosok gigi sebelum tidur merupakan hal yang sangat sering dihiraukan oleh mereka para orang dewasa. Namun yang mengherankan, kebiasaan seperti ini justru sangat sering dipaksakan untuk dilakukan oleh anak-anak mereka.

Menjaga kesehatan gigi tidak terbatas pada usia seseorang. Maka dari itu, ulasan kali ini akan memberikan tips mengenai bagaimana cara yang tepat dalam melakukan perawatan gigi.

- Mengunjungi Dokter Setiap 6 Bulan
Pastikanlah untuk selalu memeriksakan kesehatan gigi Anda secara rutin sekalipun tidak ada keluhan. Jangan sampai Anda mengunjungi dokter gigi hanya karena ingin mencabut gigi yang sudah rusak saja. Saat melakukan pemeriksaan, dokter gigi akan melakukan banyak jenis perawatan, termasuk dengan membersihkan karang gigi.

- Sikat Gigi Minimal 2 Kali Sehari
Sangat disarankan untuk menggosok gigi pada pagi hari setelah Anda sarapan dan pada malam hari sebelum Anda mengakhiri aktivitas. Menyikat gigi 2 kali sehari dengan menggunakan pasta gigi berfluoride sudah cukup untuk mengurangi bakteri serta menguatkan lapisan enamel pada gigi. Selain itu, perhatikan pula cara Anda dalam menyikat gigi, yaitu dengan gerakan dari atas ke bawah. Untuk gigi geraham, sikatlah dengan mendatar selama mungkin dikarenakan ada banyak sisa-sisa makanan yang menempel pada bagian gigi ini.

- Hindari Tusuk Gigi
Tips merawat kesehatan gigi selanjutnya adalah dengan menghindari penggunaan tusuk gigi, melainkan dengan benang gigi. Menggunakan tusuk gigi hanya akan menimbulkan luka serta membuat gigi Anda menjadi renggang. Saat posisi dari gigi Anda sudah renggang, maka makanan justru akan lebih mudah terselip.

- Perhatikan Konsumsi Makanan
Sangat penting untuk mengkonsumsi makanan yang bisa membantu produksi dari enamel atau email gigi. Enamel gigi itu sendiri memiliki fungsi untuk melindungi lapisan luar pada gigi Anda. Setiap harinya, enamel pada gigi akan melewati sebuah siklus pengikisan serta perbaikan secara berkelanjutan.

Nah, agar bisa memaksimalkan produksi dari enamel gigi ini, Anda disarankan untuk mengkonsumsi makanan seperti susu, keju, tofu, yogurt, almond, dan sayuran hijau. Makanan-makanan ini tergolong memiliki kandungan kalsium dan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan gigi.

Selain itu, konsumsi dari makanan yang kaya protein seperti ikan, susu, daging, dan telur juga sangat disarankan karena bisa menjadi sumber phosphorus. Makanan-makanan tersebut memiliki kandungan yang memegang peranan penting dalam pembentukan kembali enamel gigi. Konsumsi pula sayur dan buah karena kandungan air dan seratnya mampu menyeimbangkan kadar gula serta menstimulasi produksi saliva.

Hindari Makanan Ini
Tips merawat kesehatan gigi selanjutnya adalah dengan menghindari beberapa jenis makanan tertentu yang tidak baik bagi kesehatan gigi itu sendiri

- Makanan bergula dan bertepung
Makanan seperti hanya akan merangsang terjadinya lubang pada gigi. Bakteri di dalam mulut itu sendiri bisa berkembang dikarenakan konsumsi dari karbohidrat. Dengan mengurangi konsumsi dari gula atau makanan sumber karbohidrat lainnya, maka Anda akan mengurangi kinerja dari bakteri serta mengurangi resiko gigi berlubang.

- Makanan asam
Email gigi sangatlah rentan dengan zat asam yang banyak terdapat pada jus, minuman ringan, dan makanan-makanan berasam. Kandungan asam di dalam makanan seperti ini dapat mengikis enamel pada gigi.

- Lakukan Kebiasaan Sehat

  • Kurangilah konsumsi dari minuman ringan dan sebaiknya ganti dengan susu atau air putih.
  • Ketika mengkonsumsi minuman ringan, sebaiknya gunakanlah sedotan agar menghindari kontak langsung dengan gigi.
  • Setelah mengkonsumsi minumam berasam, tunggulah sekitar 1 jam lalu gosok gigi Anda. Langkah ini bertujuan untuk mendukung saliva dalam memulai proses perbaikan.
  • Setelah makan, pastikan untuk berkumur.
- Membersihkan Sisa Makanan Pada Gigi
Bagi Anda yang menggunakan alat ortodontik seperti behel dan sejenisnya, pastikan untuk segera menggosok gigi setelah makan agar tidak ada sisa makanan yang tertinggal serta untuk mencegah pembentukan dari plak. Pengguna dari alat ortodontik ini sangatlah rentan terhadap proses dekalsifikasi enamel gigi, maka dari itu disarankan untuk tidak megonsumsi minuman ringan ataupun minuman berenergi.

Sekian ulasan mengenai tips merawat kesehatan gigi yang sekiranya bisa membantu Anda untuk mendapatkan gigi yang sehat dan kuat serta terbebas dari segala masalah.
Enter your email address to get update from Majuwanita.com.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2014. Majuwanita.com - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Redesign Majuwanita.com Proudly powered by Blogger