logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Manfaat dan Bahaya Teh untuk Kesehatan

Majuwanita.com - Meminum satu cangkir teh hangat pada pagi hari tentu bisa membantu untuk menstabilkan suhu tubuh agar bisa memulai aktivitas dengan lebih segar. Apalagi teh hijau yang terbukti bagus untuk membantu program diet, menghilangkan bau mulut, mencegah terjadinya infeksi, serta berkhasiat bagi kecantikan.


Teh memiliki kandungan kafein yang jumlahnya lebih sedikit dibanding dengan kopi. Sementara kandungan polifenol yang sejenis antioksidan bioflavonoid memiliki kemampuan 25 kali lebih efektif dibanding vitamin E dan 100 kali lebih efektif dari vitamin C. Selain itu, teh juga memiliki essential oil yang proteinnya memiliki peranan untuk membentuk aroma teh.

MANFAAT TEH UNTUK KESEHATAN
Banyaknya kandungan zat di dalam teh membuatnya dapat memberi manfaat bagi kesehatan tubuh:

1. Menurunkan Berat Badan. Kandungan essential oil di dalam teh bisa membantu untuk melarutkan lemak penyebab berat badan berlebih.

2. Menurunkan Resiko Stroke dan Penyakit Jantung. Kandungan polifenol bisa membantu untuk menurunkan tekanan gula darah dan kadar kolesterol yang merupakan penyebab utama dari penyakit stroke dan jantung.

3. Memperlancar Buang Air Kecil. Konsumsi dari teh akan membantu untuk menjaga arteri supaya terbebas dari sumbatan sehingga proese buang air kecil menjadi lebih teratur.

4. Menguatkan Tulang. Konsumsi teh selama 10 tahun atau lebih dapat menjadikan tulang kuat. Hal ini dikarenakan adanya kandungan phytochemical di dalam teh yang merupakan zat pelindung tulang.

5. Mencegah dan Mengobati Kanker. Polifenol adalah antioksidan yang memiliki kemampuan untuk melawan kanker.

6. Meningkatkan Metabolisme. Selain itu, polifenol memiliki sifat menghangatkan tubuh. Dikarenakan adanya vitamin B kompleks, maka lemak akan lebih cepat teroksidasi sehingga bisa membantu peningkatan metabolisme.

7. Menghilangkan Bau Mulut. Monocitrat, polifenol, dan fluoride (zinc, menganese, potassium) yang ada di dalam teh bisa membunuh bakteri yang menempel pada gigi sehingga bau pada mulut bisa lebih terkontrol.

8. Mengurangi Rasa Kantuk. Seperti pada kopi, kandungan kafein di dalam teh juga bisa mengurangi rasa kantuk untuk beberapa jam.

9. Mengurangi Resiko Diabetes. Resiko diabetes bisa dikurangi dengan konsumsi teh asalkan dengan kadar gula yang tidak berlebihan.

10. Mengurangi Kadar Hormon Stres. Mengkonsumsi teh selama 6 bulan terbukti dapat menurunkan tekanan darah sistolik.

11. Menghaluskan Kulit. Dalam satu cangkir teh tedapat sekitar 100-200 IU vitamin E yang sudah mencukupi kebutuhan harian manusia.

12. Menghancurkan Radikal Bebas. Konsumsi teh dapat membantu untuk melawan radikal bebas yang sering dikaitkan dengan penyakit kanker dan degenerasi saraf.

13. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh. Teh dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan.

14. Menjaga Kesehatan Mata dan Hati. Hal ini sangat dimungkinkan karena teh memiliki kandungan vitamin A.

BAHAYA TEH BAGI KESEHATAN
Namun dibalik begitu banyaknya manfaat dari teh, ternyata ada pula efek buruk dari teh apabila dikonsumsi secara berlebihan, terlalu manis, terlalu kental, atau diminum sesudah makan.

1. Mengganggu Fungsi Ginjal. Konsumsi teh dalam jumlah berlebih dapat memperparah kerusakan pada organ ginjal.

2. Mengganggu Penyerapan Zat Besi. Konsumsi teh yang berlebihan membuat zat tanin bersenyawa dengan zat besi yang kemudian akan menjadi sisa makanan yang nantinya tidak terserap oleh tubuh. Hal ini kemudian memicu anemia serta berbahaya bagi ibu hamil.

3. Berbahaya Bagi Janin. Seorang ibu hamil yang mengkonsumsi teh akan menyalurkan kafein ke dalam tubuh bayi lewat air susu.

4. Meningkatkan Panas Tubuh. Konsumsi teh bagi penderita demam hanya akan meningkatkan panas tubuhnya.

5. Memicu Insomnia. Kandungan kafein di dalam teh memicu gairah pada sistem saraf yang kemudian meningkatkan metabolisme dasar sehingga membuat gelisah dan susah tidur.

6. Meningkatkan Resiko Sembelit. Teh yang kental dapat melemahkan peregangan saluran usus yang nantinya menyebabkan sembelit.

7. Memicu Penyakit Jantung. Kandungan kafein di dalam teh bisa meningkatkan tekanan darah sehingga memicu jantung berdetak lebih cepat bahkan bisa menghentikan irama jantung.
Enter your email address to get update from Majuwanita.com.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2014. Majuwanita.com - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Redesign Majuwanita.com Proudly powered by Blogger