logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Tidur Yang Sehat

Cara Tidur Yang Sehat – Apakah Anda termasuk orang yang mengalami insomia atau kesulitan untuk tidur? Jika ya, sebaiknya perhatikan kembali cara dan kualitas tidur yang Anda miliki selama ini.

Pada dasarnya, semua orang membutuhkan tidur yang cukup agar tubuh bisa istirahat secara total setelah melakukan berbagai aktivitas. Namun di sisi lain, ada sebagian orang yang justru tidak bisa tertidur meskipun kondisi badannya sudah sangat lelah, atau bisa saja dikarenakan pikirannya terlalu stress sehingga membuat metabolisme di dalam tubuhnya terganggu.

Cara Tidur Yang Sehat


Tidur merupakan aktivitas yang sangat penting bagi seorang manusia, bahkan penyakit seperti influenza ataupun kanker bisa diatasi dengan tidur yang cukup. Tidur yang cukup bukan berarti harus menggunakan waktu yang lama, akan tetapi mengenai kualitas tidur itu sendiri, sehingga Anda bisa mendapatkan tidur yang sehat.

Lantas, seperti apakah cara agar bisa mendapatkan tidur yang sehat?

- Waktu Tidur
Sangat disarankan agar Anda tidur pada awal malam dan bangun sebelum fajar. Dengan tidur terlalu malam karena melakukan sesuatu yang tidak terlalu bermanfaat serta terbangun terlalu siang merupakan penyebab utama terjadinya kerusakan pada organ hati. Sebaiknya tidurlah sejenak pada siang hari, karena terbukti dapat meningkatkan produktivitas, bermanfaat bagi kesehatan jantung, mengurangi stress, serta mengurangi tingkat kematian.

- Perilaku Sebelum Tidur
Cara tidur yang sehat selanjutnya adalah dengan tidur dalam keadaan bersih. Biasakanlah untuk mencuci muka serta menggosok gigi sebelum tidur, karena kuman memiliki banyak kesempatan untuk menyebarkan penyakit pada wajah dan tenggorokan saat kita tertidur. Begitu pula setelah Anda melakukan hubungan intim, sebaiknya bersihkanlah tubuh sebelum tidur.

- Pakaian dan Tempat Tidur
Sebelum tidur, pastikan untuk mengenakan pakaian yang longgar dan nyaman di tubuh. Pasalnya, pakaian yang ketat bisa membuat Anda merasa sesak serta mengganggu ketentraman tidur. Selain itu, pastikan pula untuk selalu membersihkan tempat tidur agar Anda bisa tidur secara nyaman. Ada kalanya dimana kita makan atau minum di atas tempat tidur sehingga bisa meninggalkan rontokan makanan atau tumpahan minuman yang bisa saja mengundang semut dan binatang kecil lainnya yang tentu saja akan mengganggu tidur Anda.

- Suasana Tidur
Bagi Anda yang mengalami insomnia, sangat disarankan untuk mendengarkan musik selama 45 menit sebelum tidur, supaya otak Anda bisa menjadi lebih rileks. Selain itu, pastikan untuk mematikan lampu dan TV agar kinerja otak bisa sedikit ringan. Saat tidur, otak akan menyimpan berbagai informasi yang didapatkan pada siang hari, sedangkan cahaya lampu dan pancaran cahaya dari layar televisi bisa membuat kadar hormon melatonin di dalam tubuh menurun.

- Posisi Tidur
Cara tidur yang sehat selanjutnya adalah dengan memperhatikan posisi tidur. Tidur dengan posisi tengkurap hanya akan menyulitkan sistem pernafasan. Sedangkan tidur secara terlentang justru membuat jantung bekerja lebih keras serta membuat tulang belakang menjadi sesak. Tidur dengan posisi miring ke kiri juga bisa menghimpit jantung yang berakibat terganggunya sirkulasi darah ke otak. Posisi tidur yang dianjurkan adalah miring ke kanan serta tidak berlawanan dengan arah magnet bumi, karena terbukti baik bagi aliran darah dan sistem syaraf.

- Tanpa Bantal
Sebenarnya, tidur tanpa menggunakan bantal sangat baik karena bisa mencegah masalah seperti sakit pada leher dan pundak, mencegah jerawat, mencegah kerutan, serta bisa membuat tulang belakang menjadi lebih sehat. Bagi Anda yang merasa tidak bisa tidur tanpa bantal, sebaiknya gunakanlah bantal yang bisa menopang tulang leher dan bersambung ke bagian tulang belakang serta tidak menimbulkan alergi.

Selain itu, bantal kapuk juga bisa menjadi pemicu penyakit asma, sedangkan bantal yang menggunakan busa menimbulkan rasa panas saat digunakan. Jenis bantal yang baik adalah bantal memory foam yang mampu menyerap keringat, bantal bulu angsa dan bantal dakron yang memiliki kontur lembut, atau bantal lateks yang sangat dianjurkan bagi mereka yang memiliki masalah dengan tulang belakang dan tulang leher.

- Jauhkan Ponsel Dari Kepala
Cara tidur yang sehat terakhir adalah dengan menjauhkan ponsel dari kepala. Pasalnya, radiasi dari ponsel akan menghasilkan medan elektromagnetik yang bisa diserap oleh sel otak yang nantinya akan memicu munculnya zat karsinogenik penyebab penyakit kanker. Baca : Deteksi kanker serviks dengan mudah
Enter your email address to get update from Majuwanita.com.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2014. Majuwanita.com - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Redesign Majuwanita.com Proudly powered by Blogger