logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Perilaku Makan Yang Baik Dan Benar

Majuwanita.com - Pada dasarnya, setiap makhluk hidup membutuhkan makanan agar bisa menambah energi sekaligus membantu untuk membentuk sel-sel baru yang nantinya akan mendukung pertumbuhan serta perkembangan dari seluruh organ.

Terutama bagi manusia yang merupakan makhluk paling sempurna, makhluk yang memiliki begitu banyak aktivitas, maka makanan yang bergizi dan teratur adalah kebutuhan penting agar bisa menjaga kelangsungan hidup mereka.

Perilaku Makan Yang Baik Dan Benar


Makanan yang baik bukan hanya sekedar nutrisi yang terdiri dari empat sehat lima sempurna saja, namun juga mengenai pola makan. Pola makan yang benar meliputi keteraturan waktu serta tata cara makan. Kedua hal ini akan berpengaruh pada proses pencernaan sehingga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh benar-benar bermanfaat.

PERILAKU MAKAN YANG BAIK DAN BENAR
Namun sebenarnya tahukah Anda mengenai perilaku makan yang baik bagi kesehatan tubuh?

- Makan di Waktu yang Tepat
Sebaiknya hindarilah makan hingga Anda benar-benar lapar, namun makanlah sesuai dengan waktunya secara konsisten. Pastikan untuk makan besar sebanyak 3 kali sehari agar kebutuhan energi dan kalori Anda bisa tercukupi. Selain itu, terlambat makan berpotensi menimbulkan penyakit maag atau pada kondisi yang parah bisa menyebabkan penyakit lambung kronis.

Sarapan memiliki peran penting dalam mengisi energi sebelum memulai segala aktifitas, sementara makan siang bertujuan untuk mengganti energi yang sudah dikeluarkan serta untuk menambah energi agar bisa melanjutkan aktifitas. Sedangkan makan malam bertujuan guna memberi nutrisi untuk pertumbuhan sel-sel saat kita tidur dan juga agar tidur bisa menjadi nyenyak.

- Mencuci Tangan
Mencuci tangan baik itu sebelum ataupun sesudah makan bertujuan agar menjaga kesehatan serta menjauhkan diri dari berbagai penyakit yang bisa ditularkan lewat tangan yang kotor. Meskipun Anda makan dengan menggunakan sendok, namun tangan yang kotor tetap saja bisa mengotori sendok tersebut sehingga bisa mendatangkan penyakit.
- Minum Air Sebelum Makan
Perilaku makan yang baik dan benar selanjutnya adalah dengan minum segelas air sebelum makan. Hal ini bertujuan agar sistem pencernaan dan ginjal bisa lebih optimal dalam mencerna makanan. Selain itu, konsumsi madu atau buah 20-30 menit sebelum makan juga bisa membantu proses penyerapan nutrisi dan membersihkan organ pencernaan.

- Makan Sambil Duduk
Ketika Anda duduk, maka makanan atau minumam yang masuk ke dalam tubuh akan berjalan secara perlahan dan lembut pada dinding usus. Sedangkan makan dan minum dalam posisi berdiri justru bisa menimbulkan luka pada lambung dan juga dinding usus dikarenakan adanya benturan dengan makanan atau minumam yang masuk.

- Tidak Meniup Makanan yang Panas
Hindarilah untuk meniup makanan ataupun minuman yang masih panas, karena hembusan tiupan ini bisa membawa mikroorganisme dan asam karbonat yang dapat mengkontaminasi makanan atau minuman. Hal ini sangatlah berbahaya bagi sistem pencernaan serta kesehatan jantung. Sebaiknya biarkan makanan atau minumam tersebut dingin secara alami atau Anda bisa menggunakan kipas.

- Menggunakan Tangan
Makan dengan menggunakan tangan juga termasuk sebagai salah satu perilaku makan yang baik dan benar. Pasalnya, tangan memiliki enzim RNAse yang berfungi untuk mengikat bakteri dan tingkat aktivitasnya sangatlah rendah saat masuk bersama makanan menuju saluran pencernaan. Enzim ini sendiri dapat mengikat pergerakan dari bakteri bahkan hingga ke saluran pembuangan.

- Tidak Makan Berlebihan
Tubuh yang kelebihan makanan justru bisa membuat lambung menjadi robek, munculnya penyakit akibat kinerja organ pencernaan yang terlalu berat, serta memicu kegemukan. Selain itu, makan yang berlebihan bisa juga menimbulkan rasa ngantuk dan malas.
- Tidak Bergantian Alat Makan
Penularan dari penyakit sangatlah rentan akibat kuman yang berpindah lewat alat makan seperti sendok dan piring yang digunakan secara campur atau bergantian dengan orang lain.

Minum Air Hangat Sesudah Makan
Meminum air dingin setelah makan bisa menyebabkan terjadinya penggumpalan sari makanan yang membuatnya sulit untuk diserap. Sementara air hangat justru bisa membantu untuk memudahkan penyerapan sari makanan. Selain itu, kebiasaan menggosok gigi setelah makan juga bisa membantu untuk membersihkan sisa bakteri yang ada pada rongga mulut.
Nah, apabila Anda mengikuti beberapa perilaku makan yang baik dan benar di atas, maka makanan atau minuman apapun yang Anda konsumsi akan dapat tercerna secara optimal
Enter your email address to get update from Majuwanita.com.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2014. Majuwanita.com - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Redesign Majuwanita.com Proudly powered by Blogger