logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Melangsingkan Perut Setelah Melahirkan

Majuwanita.com - Bagi para wanita, menjadi seorang ibu merupakan sebuah anugerah paling indah dalam hidupnya. Tidak ada yang lebih membahagiakan selain menyaksikan kehadiran makhluk mungil yang sudah dinantikan selama 9 bulan lamanya.

Namun dibalik kebahagiaan tersebut, ada sebuah hal yang penting namun sering dilupakan setelah melakukan persalinan, yaitu masalah penampilan. Apalagi wanita tergolong sebagai makhluk yang sangat fokus terhadap penampilannya. Kondisi perut yang besar tentu tidak bisa menjadi ramping begitu saja, dibutuhkan sebuah usaha tertentu agar bisa membuatnya langsing kembali.


Melangsingkan Perut Setelah Melahirkan
Nah, bagi Anda para ibu yang sangat menginginkan perut yang langsing setelah melahirkan, ada beberapa kiat yang bisa Anda lakukan.

- Menyusui
Perlu dipahami bahwa dengan memberikan ASI atau menyusui pada bayi setiap harinya, maka Anda dapat mengurangi sekitar 5000 kalori dalam tubuh. Selain untuk mengurangi kalori, hal ini juga bertujuan agar asupan gizi pada bayi bisa terpenuhi secara maksimal. Sebaiknya berikanlah ASI eksklusif selama 6 bulan pertama. Selain dapat mencegah terjadinya alergi pada bayi, hal ini juga dapat membantu untuk mengecilkan perut secara alami.

- Mengatur Pola Makan
Aturlah pola makan Anda dengan mengkonsumsi makanan dalam porsi yang kecil namun sering. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi penumpukan lemak dan kalori pada tubuh Anda. Selain itu, pastikan pula untuk memilih makanan yang rendah kandungan lemak dan kalori. Sebaiknya ikutilah menu sehat setelah melahirkan yang disarankan oleh dokter.
- Banyak Minum Air Putih
Mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Air putih itu sendiri memiliki fungsi untuk membersihkan organ-organ di dalam tubuh dari racun dan berbagai penyakit, terutama pada saluran pencernaan. Dengan proses hidrasi yang baik, maka tubuh Anda bisa menjadi langsing secara alami.

- Memakai Korset
Tips melangsingkan perut setelah melahirkan selanjutnya adalah dengan menggunakan korset atau stagen. Namun perlu diperhatikan bahwa penggunaan korset ini hanya ditujukan bagi ibu yang melahirkan secara normal. Sebelum menggunakan korset, lumurilah perut Anda dengan campuran kunyit yang sudah diparut dengan air kapur.

- Olahraga Ringan
Olahraga ringan yang bisa membantu untuk melangsingkan perut adalah latihan otot pada perut yang dilakukan dengan cara berdiri, duduk, ataupun berbaring. Caranya dengan mengontraksikan otot perut lalu tahan selama beberapa menit, atau bisa juga dengan menggunakan shoulder lift, yaitu berbaring pada matras lalu menekuk kaki dimana telapak kaki menyentuh lantai. Setelah itu, hembuskan nafas sambil mengkontraksikan otot perut lalu angkat kepala dan pundak dan tahan selama beberapa detik kemudian turunkan kepala dan pundak secara perlahan.
- Jamu Beras Kencur
Melangsingkan perut setelah melahirkan bisa pula dilakukan dengan cara tradisional, yaitu mengkonsumsi jamu beras kencur. Dikarenakan saat ini jamu yang beredar sudah banyak yang menggunakan campuran bahan kimia, maka sebaiknya buatlah ramuan ini sendiri dengan menyiapkan bahan-bahan:

  • Beras 3 sdm
  • Gula merah 125 gram
  • Asam jawa 1 sdm
  • Jeruk nipis 1 buah
  • Daun pandan 1 lembar
  • Jahe, kunyit, dan garam secukupnya
Cara membuat:

  • Rendamlah beras terlebih dahulu sekitar 3 jam lamanya.
  • Setelah itu, rebus kunyit bersama gula merah, jahe, asam jawa, dan daun pandan ke dalam 3 gelas air, lalu saring airnya.
  • Jahe dan kunyit yang telah direbus tadi kemudian ditumbuk bersama beras hingga halus.
  • Campurkanlah semua bahan tersebut dengan air hasil rebusan sebelumnya secara sedikit demi sedikit.
  • Setelah rata, saringlah kembali air tersebut dengan menggunakan kain lembut.
  • Terakhir, tambahkanlah air jeruk nipis dan garam secukupnya. Jika menginginkan rasa yang manis, Anda boleh menambahkan gula pasir.
***

Nah, itulah beberapa tips dan cara melangsingkan perut setelah melahirkan yang dijamin dapat menjadikan bentuk perut Anda kembali seperti sebelum persalinan.
Enter your email address to get update from Majuwanita.com.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2014. Majuwanita.com - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Redesign Majuwanita.com Proudly powered by Blogger