logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Manfaat Buah, Kulit dan Daun Salak

Majuwanita.com - Salak merupakan buah yang memiliki begitu banyak manfaat, mulai dari daging, kulit, hingga bagian daunnya. Namun banyak orang yang menghindari buah salak dikarenakan malas membuka kulitnya yang tajam serta rasanya yang tidak terlalu manis seperti buahan-buahan yang mengandung air lainnya.

Selain itu, banyak pula orang yang menghindari konsumsi buah salak dikarenakan menganggap dapat membuat sembelit atau kesulitan saat buang air besar.
Manfaat Buah, Kulit dan Daun Salak
Manfaat Buah, Kulit dan Daun Salak
Perlu diketahui bahwa salak merupakan buah yang memiliki kandungan nutrisi penting serta mempunyai begitu banyak manfaat bagi kesehatan. Bagian daun dan kulitnya bisa diramu untuk dijadikan obat.

KANDUNGAN GIZI BUAH SALAK
Buah salak memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh karena kandungan gizinya yang lengkap. Untuk setiap 100gr buah salak, terdapat 368 kkal energi, 90,3 gr karbohidrat, 0,8 gr protein, 38 mg kalsium, 0,4 gr lemak, 3,9 mg zat besi, 31 mg fosfor, dan juga 8,4 mg vitamin C.

MANFAAT BUAH SALAK
Konsumsi dari buah salak bisa membantu untuk meningkatkan kecerdasan otak, menjaga kesehatan mata, mencegah sembelit, hingga mencegah kanker prostat.

- Meningkatkan Kecerdasan Otak
Kandungan kalium dan potasium di dalam buah salak bisa dimanfaatkan oleh sistem saraf otonom untuk meningkatkan fungsi otak, mengendalikan detak jantung, dan juga untuk meningkatkan fungsi fisiologi lainnya.

- Mencegah Sembelit
Konsumsi dari buah salak sebaiknya tidak dengan membuang kulit arinya, karena pada kulit ari tersebut terdapat banyak kandungan serat yang bisa membantu untuk mengatasi masalah sembelit.

- Menjaga Kesehatan Mata
Kandungan betakaroten buah salak efektif untuk memelihara serta menjaga kesehatan mata. Buah salak memiliki kandungan betakaroten 5 kali lebih banyak dibanding buah semangka dan 5,5 kali lebih besar dibanding buah mangga.

- Mengobati Diare
Kandungan tanin dan serat yang tinggi di dalam buah salak dapat mengatasi masalah diare. Cukup dengan mengkonsumsi 20 gram buah salak yang  muda.

- Membantu Program Diet
Dikarenakan tingginya kandungan serat di dalam buah salak, maka bisa membantu untuk mengenyangkan lebih lama. Hal ini tentu sangat membantu bagi Anda yang sedang menjalani program diet agar tidak makan dalam porsi yang besar. 

- Mencegah Kanker Prostat
Kandungan pektin di dalam buah salak bepotensi untuk mencegah sekaligus mengobati kanker prostat. Caranya dengan menghambat reproduksi dari sel kanker dan menurunkan risiko apoptosis, sebuah sel bunuh diri.

MANFAAT DAUN SALAK
Selain bagian dagingnya, daun salak juga memiliki sejumlah manfaat seperti mengatasi penyakit ambeien dan ginjal.

- Penyakit Ginjal Kronis
Penelitian dari ITB menyatakan bahwa kandungan di dalam daun salak mampu mengatasi penyakit ginjal kronis. Penelitian tersebut menunjukan ekstrak air daun salak bisa membantu proses pemulihan ginjal dengan pemberian dosis sebesar 260 mg/kg bb yang dilakukan selama 7 hari berturut-turut.

- Penyakit Ambeien
Rebus 5 lembar daun salak ke dalam 2 gelas air. Campurlah air rebusan tersebut dengan gula merah  dan saring airnya. Minumlah ramuan ini sebanyak 2 kali sehari hingga penyakit ambeien Anda sembuh.

MANFAAT KULIT SALAK
Bagian buah salak yang sangat sering dibuang dan terkadang melukai jari saat dikupas ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk kesehatan, yaitu untuk menjaga tekanan darah serta meredakan diabetes kering. Caranya dengan mengupas kulit buah salak lalu cuci hingga bersih. Rebus kulit buah salak tersebut hingga mendidih dan saring airnya. Setelah dingin, minumlah ramuan ini 3 kali sehari dan konsumsi rutin selama 2 minggu berturut-turut. (Baca juga : Manfaat rebung bagi kesehatan)

***

Dengan melihat begitu banyaknya manfaatdari buah, daun, hingga bagian kulit salak, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk mulai mengkonsumsi buah salak. Anggapan miring mengenai buah salak yang bisa menyebabkan sembelit sebaiknya tidak perlu dihiraukan.
Enter your email address to get update from Majuwanita.com.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2014. Majuwanita.com - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Redesign Majuwanita.com Proudly powered by Blogger