logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Menangani Penderita Mental Disorders

Cara Menangani Penderita Mental DisordersSecara umum, kesehatan bukan hanya mengenai persoalan fisik saja, namun juga kesehatan secara mental. Namun sayangnya, masalah kesehatan mental sepertinya masih belum mendapatkan perhatian dengan baik.

Apalagi banyak masyarakat yang masih menganggap bahwa masalah mental disorders merupakan kondisi yang memalukan, sehinga mereka akan menanganinya secara ekstrim, seperti mengurung bahkan memasung para penderitanya.

Cara Menangani Penderita Mental Disorders

Perlu diketahui bahwa mental disorders merupakan ganguan mental yang bisa dialami oleh pria dan wanita dalam rentang usia apapun. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa 1 dari 5 orang merupakan penderita mental disorders.

Sebelum mempelajari cara untuk membantu para penderita mental disorder, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda hindari ketika menghadapi orang dengan kondisi seperti ini.
  • Tidak peduli dengan penderita.
  • Mengurung penderita di dalam ruangan tertentu.
  • Jangan melibatkan hal-hal yang bersifat klenik.
  • Hindari untuk menikahkan penderita sebagai langkah untuk mengalihkan gejala disorder (khusus bagi penderita yang memang belum menikah).
  • Jangan memaksakan penderita untuk mengkonsumsi obat tidur dengan tujuan agar ia bisa tenang.
Perlu dipahami bahwa hal-hal di atas merupakan bentuk perilaku yang tidak tepat untuk menghadapi penderita mental disorder. Hindarilah anggapan bahwa perilaku tersebut sebagai hal yang biasa dan gejala yang ditimbulkan akan sembuh seiring dengan waktu.

Anda dituntut agar bisa lebih tanggap dalam menyikapi hal ini, jangan sampai menganggu kinerja dan interaksi Anda terhadap lingkungan.

Cara Menangani Penderita Mental Disorders

- Pendengar yang baik
Usahakan agar Anda bisa menjadi pendengar yang baik dengan cara mendengarkan cerita mereka secara lebih sabar. Anda tidak wajib merespon segala cerita mereka, cukup mendengar saja. Jangan berargumen apalagi sampai memotong pembicaraan mereka karena bisa membuatnya berespon negatif.

Apabila mereka merasa memiliki teman bicara yang nyata, maka sangat membantu mereka untuk kembali ke dunia nyata, apalagi bagi mereka yang memang sering bicara sendiri ataupun berimajinasi dikarenakan mendengar bisikan-bisikan yang kenyataanya tidak ada sama sekali.

- Kurangi keinginan melukai diri atau bunuh diri
Pada umumnya, mereka yang mengalami mental disorder akan merasa bahwa bunuh diri merupakan solusi akhir yang tepat. Oleh karena itu, Anda sangat diasarankan agar bisa membuat mereka merasa lebih nyaman dalam menceritakan hal-hal sekecil apapun dengan Anda, termasuk mengenai keinginannya untuk bunuh diri.

Anda tidak boleh ragu apalagi takut untuk menanyakan masalah bunuh diri tersebut. Apabila sang penderita memang sudah menunjukkan tanda-tanda bunuh diri, maka Anda disarankan untuk melakukan beberapa hal:
  • Pastikan agar si penderita tidak selalu dalam kondisi sendirian.
  • Usahakan untuk menggunakan bantuan tenaga profesional.
  • Hindarkan penderita dari benda-benda yang berpotensi untuk digunakan bunuh diri.
  • Selain itu, sebaiknya hentikanlah penggunaan obat-obatan ataupun alkohol.
- Self-help
Cara menangani penderita mental disorders selanjutnya adalah dengan melakukan self-help. Hal ini sendiri merupakan langkah yang bertujuan untuk memacu si penderita agar ingin membantu dirinya sendiri agar mau hidup sehat. Sarankan agar ia ingin melakukan hal-hal yang dapat membantunya untuk mengurangi gejala disorder seperti melakukan olahraga kecil, mencoba diet sehat, ataupun menghindari alkohol.

- Berikan informasi dan penguatan
Berilah informasi dan keyakinan pada penderita dan keluarganya bahwa masalah mental disorder sebenarnya masih bisa disembuhkan. Selain itu, sampaikan pula bahwa dirinya tidak perlu merasa malu atau merasa gagal hanya karena masalah ini. Usahakan untuk meyakinkan dirinya bahwa Anda siap membantunya kapanpun juga.

- Bantuan profesional
Sebaiknya arahkanlah si penderita kepada tenaga yang profesional, terutama pada keluarganya karena para penderita mental disorder biasanya menolak bertemu dengan tenaga profesional. Sampaikan pula bahwa Anda siap menemani serta mengantarkan jika memang dibutuhkan.

***

Semoga informasi mengenai cara menangani penderita mental disorders yang kami berikan bisa membantu dalam menghadapi penderita gangguan mental yang ada di sekitar Anda.
Enter your email address to get update from Majuwanita.com.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2014. Majuwanita.com - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Redesign Majuwanita.com Proudly powered by Blogger