logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips Membuat Pakaian Batik Anda Lebih Awet

Majuwanita.com - Cara merawat pakaian agar awet perlu sekali dilakukan untuk menghemat biaya pengeluaran membeli pakaian baru serta menjaga pakaian kesayangan Anda tetap eksis dalam waktu yang lama. Oke, artikel kami kali ini mau membagi  tips merawat  pakaian batik nih. Seperti yang kita tahu, kain batik memiliki berbagai jenis seperti batik tulis, batik cap dan batik printing. Untuk pakaian yang terbuat dari batik tulis, ada lho cara khusus untuk merawatnya agar tetap awet. Mari, ikuti beberapa tips seperti berikut ini :

Tips Membuat Pakaian Batik Anda Lebih Awet
  1. Untuk mencuci pakaian yang terbuat dari batik tulis, Anda bisa melakukannya secara manual, tapi ingat, jangan menggunakan detergen yang keras ya. Gunakan saja shampo, sabun bayi, atau lerak. Atau jika Anda terlalu sibuk dan tidak sempat mencuci pakaian, Anda bisa membawanya ke laundry untuk dicuci dengan cara dry clean.
  2. Untuk menjemurnya, jangan terpapar langsung sinar matahari, sebaiknya untuk diangin-anginkan saja sampai kering.
  3. Sama seperti perawatan pada pakaian sutera, pakaian dari batik tulis juga lebih baik jangan disetrika langsung pada permukaan kainnya. Gunakan terlebih dahulu kain melapis di atas kain batik tesebut. Atau, Anda bisa memakai setrika uap, yang diatur agar jangan terlalu panas.
  4. Setelah rapi disetrika, bungkus pakaian dengan kertas pembungkus kimono atau jenis kertas lainnya yang tidak memiliki sifat asam. Bisa juga memberi wewangian seperti akar-akaran alami atau biji merica untuk mengusir ngengat atau serangga perusak lain. Jangan gunakan zat kimia seperti kapus barus, sebab berisiko merusak warna. Pokoknya, simpanlah pakaian batik di tempat yang tidak lembab dan tidak terkena sinar matahari langsung.
  5. Secara periodik atau sekitar dua minggu sekali, buka pakaian batik tulis untuk diangin-anginkan. Anda bisa menjemur kurang lebih 10 sampai 15 menit pada waktu pagi supaya kain tidak lembab.
Sekian tips dari kami, semoga bisa menjadi referensi bagi Anda dalam merawat pakaian batik agar tetap awet.
Enter your email address to get update from Majuwanita.com.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2014. Majuwanita.com - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Redesign Majuwanita.com Proudly powered by Blogger