logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Mengenal Penyakit Jantung Koroner

Mengenal Penyakit Jantung Koroner – Hingga saat ini, penyakit jantung koroner masih termasuk sebagai pembunuh nomor satu di Indonesia. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui seperti apa jenis penyakit yang satu ini serta bagaimana langkah pencegahannya.

Kesehatan adalah sebuah harta paling harga di dalam kehidupan. Ketika tubuh tidak sehat, maka tidak akan ada pengaktualisasian diri serta aktivitas yang bisa dilakukan secara normal. Nah, agar Anda bisa mengenal lebih jauh mengenai penyakit jantung koroner, berikut penjelasan mengenai definisi, gejala hingga cara untuk mencegah penyakit ini.
Mengenal Penyakit Jantung Koroner
Mengenal Penyakit Jantung Koroner
PENYAKIT JANTUNG KORONER
Penyakit jantung koroner merupakan kondisi dimana terjadinya penyempitan pembuluh darah kecil yang memiliki fungsi untuk memasok oksigen dan darah ke jantung. Hal ini bisa disebabkan karena terjadinya pembentukan plak pada dinding arteri yang kemudian membuat jantung kekurangan suplai darah.(Baca juga : Kebiasaan di kantor yang mengancam kesehatan)

GEJALA JANTUNG KORONER
Beberapa gejala sebagai bentuk dari kemunculan penyakit jantung koroner:

  • Rasa nyeri pada dada ketika melakukan aktivitas yang bisa menjalar ke lengan bagian kiri. Sebuah penilitan mengungkapkan bahwa gejala ini sangat sering dialami oleh pria.
  • Sesak nafas saat melakukan aktivitas.
  • Nyeri pada rahang, punggung atau nyeri lengan, baik itu saat melakukan aktivitas ataupun ketika beristirahat.
  • Berdebar-debar atau palpitasi dimana detak jantung akan terasa sangat cepat atau kuat.
  • Rasa pusing, sempoyongan, hingga bisa menyebabkan pingsan.
  • Jika nyeri dada sangat sering terjadi pada pria, maka para wanita justru akan lebih sering mengalami kelelahan.
  • Tidak teraturnya denyut jantung. Gejala ini lebih sering dialami ketika melakukan olah fisik seperti olahraga atau saat melakukan kegiatan berat. Saat melakukan aktivitas tersebut, maka akan terjadi peningkatan permintaan dari otot jantung terhadap oksigen dan nutrisi, namun hal ini tidak bisa terpenuhi karena pembuluh darah yang sudah menyempit akibat plak ataupun timbunan kolesterol.
PEMICU JANTUNG KORONER
Terjadinya penyakit jantung koroner disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat seperti kebiasaan, konsumsi makanan berkolesterol tinggi, minuman beralkohol, dan juga karena masalah kelebihan berat badan. Pola hidup yang tidak sehat seperti ini dapat memicu terbentuknya plak pada dinding arteri. Selain itu, penyakit ini bisa pula disebabkan oleh faktor keturunan dimana bisa terjadi pada satu atau lebih dari anggota keluarga.

PENCEGAHAN JANTUNG KORONER
Beberapa upaya untuk mencegah penyakit jantung koroner:

- Olahraga secara teratur
Anda tidak diwajibkan untuk melakukan olahraga berat, cukup berjalan kaki atau berlari selama 30 menit, dan lakukanlah hal ini sebanyak 3 kali dalam seminggu. Aktifitas fisik seperti ini mampu mengurangi penimbunan lemak yang menghalangi asupan ke jantung. Usahakan pula agar lebih banyak bergerak seperti lebih sering menggunakan tangga dibanding lift.

- Konsumsi makanan antioksidan
Tidak bisa dipungkiri bahwa modernisasi kehidupan justru semakin meningkatkan radikal bebas yang tentunya berbahaya bagi kesehatan manusia. Polusi udara hingga polusi elektromagnetik dari ponsel atau gadget lainnya merupakan sumber-sumber dari radikal bebas. Nah, antioksidan kemudian mampu menangkap radikal bebas tersebut lalu mencegahnya untuk bereaksi. Zat antioksidan itu sendiri bisa diperoleh dengan mengkonsumsi buah dan sayur seperti seperti kedelai, pisang, bawang putih, dan teh hijau.

- Kurangi atau berhenti merokok
Rokok adalah sumber utama dari radikal bebas yang kemudian membuat pembuluh darah menjadi menyempit. Untuk itu, kurangilah kebiasaan untuk merokok atau lebih baik lagi jika Anda memang menghentikannya sama sekali.

- Pemeriksaan kolesterol & gula darah
Dengan mengetahui tingkat kadar kolesterol dan gula darah di dalam tubuh Anda secara tepat, maka bisa membantu Anda dalam memilih perawatan yang tepat. Hal ini sangatlah penting, terutama saat akan menentukan jenis makanan yang ingin dikonsumsi.
Enter your email address to get update from Majuwanita.com.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2014. Majuwanita.com - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Redesign Majuwanita.com Proudly powered by Blogger