logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips Menggunakan Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Tips Menggunakan Minyak Zaitun Untuk Kesehatan – Minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak nabati yang sudah digunakan dari zaman nabi sebagai bahan pengobatan. Selain sebagai obat luar, ternyata minyak zaitun bisa pula dikonsumsi langsung atau menjadi pengganti minyak goreng.

Dikarenakan banyaknya kandungan nutrisi di dalam minyak zaitun, membuatnya tidak hanya berkhasiat sebagai pengobatan luar saja, tapi juga bisa menjaga kesehatan tubuh, terutama untuk mencegah dan mengobati penyakit yang kronis.(Baca juga : Keriting bulu mata secara alami)

Tips Menggunakan Minyak Zaitun Untuk Kesehatan
Tips Menggunakan Minyak Zaitun Untuk Kesehatan
Kandungan Nutrisi Minyak Zaitun
Minyak zaitun atau olive oil menjadi bahan herbal yang kaya akan manfaat karena mengandung berbagai nutrisi penting:

- Squalene
Jika dibandingkan dengan jenis minyak nabati lainnya, minyak zaitun tergolong memiliki kadar squalene yang sangat tinggi. Squalene itu sendiri merupakan cairan eter organik yang memiliki peranan penting terhadap sistem imun. Squalene dimanfaatkan sebagai bahan dasar untuk insulin yang diberikan bagi penderita diabetes.

- Polifenol
Polifenol adalah kandungan zat andtioksidan di dalam minyak zaitun yang merupakan senyawa yang bisa mengurangi peradangan di dalam tubuh serta memungkinkan untuk mengurangi resiko terjadinya pembekuan darah.

- Tokoferol
Tokoferol atau vitamin E di dalam minyak zaitun memiliki jenis tokoferol alfa yang sangat tinggi konsentrasinya, mencapai sekitar 90% dari total tokoferol. Kandungan ini kemudian membuat minyak zaitun sangat berkhasiat sebagai antioksidan alami.

Cara Menggunakan Minyak Zaitun         
Pada dasarnya, pemanfaatan minyak zaitun bisa dilakukan dengan berbagai metode, baik itu digunakan sebagai minyak pijat, bahan masker, campuran salad, dikonsumsi langsung, atau juga digunakan sebagai pengganti minyak goreng.

- Menggunakan pada kulit

  • Dioleskan langsung. Sebelum menerapkan minyak zaitun langsung pada kulit, sebaiknya kenalilah jenis kulit Anda terlebih dahulu. Hal ini nantinya akan berpengaruh dengan seberapa banyak minyak zaitun yang bisa dioleskan pada kulit, terutama pada wajah. Bagi Anda yang memiliki wajah berminyak, oleskan minyak zaitun seceukupnya lalu tepuk-tepuk dengan menggunakan tisu agar minyak yang berlebih bisa diserap kembali. Selain berkhasiat untuk merawat kulit kering dan kasar, minyak zaitun bisa pula dimanfaatkan sebagai bahan pelembap.
  • Sebagai campuran masker atau shampo. Untuk wajah, campurkan beberapa tetes minyak zaitun dengan bubuk cendana, sedangkan untuk shampo campurkan dengan telur atau biji lemon dan lada. Untuk dijadikan bahan lulur, Anda bisa juga mencampur minyak zaitun dengan bahan-bahan lain dengan tujuan untuk menjaga kekencangan dan kelembapan. Tingginya kandungan antioksidan di dalam minyak zaitun membuatnya sangat berkhasiat untuk menghaluskan kulit, merawat rambut dan kulit kepala, hingga mengobati jerawat.
- Mengkonsumsi minyak zaitun

  • Diminum. Mengkonsumsi 1 atau 2 sendok minyak zaitun sebelum tidur memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Bagi Anda yang tidak suka dengan rasanya atau bagi ibu hamil yang mudah mual, kini ada banyak minyak zaitun yang berbentuk kapsul.
  • Saus atau campuran salad. Agar bisa menghindari rasa yang sedikit pedas dan pahit, Anda bisa menjadikan minyak zaitun sebagai campuran salad.
  • Untuk menggoreng. Minyak zaitun sangat baik untuk dijadikan minyak goreng rendah kolesterol karena memiliki lemak tak jenuh sehingga sangat cocok bagi penderita diabetes ataupun yang ingin diet.
Konsumsi minyak zaitun secara rutin mampu mencegah serta mengobati berbagai penyakit seperti jantung, radang sendi, kanker, masalah pencernaan, stroke, tekanan darah tinggi, dan penebalan pembuluh darah.(Baca juga : Kanker dapat diatasi dengan konsumsi wortel)

***

Saat ini ada begitu banyak jenis minyak zaitun yang tersedia di pasaran, baik itu yang murni atau pun campuran. Anda dituntut agar bisa lebih teliti dalam memilih, sehingga khasiat utama dari minyak zaitun benar-benar bisa Anda dapatkan.

Semoga ulasan mengenai tips menggunakan minyak zaitun untuk kesehatan di atas bisa membuat Anda sadar betapa berkhasiatnya minyak yang satu ini.
Enter your email address to get update from Majuwanita.com.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2014. Majuwanita.com - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Redesign Majuwanita.com Proudly powered by Blogger