logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Bahaya High Heels Bagi Kesehatan

Majuwanita.com - Bagi seorang wanita masa kini, sepatu high heels sudah menjadi lambang kepercayaan diri. Banyak wanita yang merasa kurang sempurna jika tidak menggunakan sepatu berhak tinggi.

Sepatu hak tinggi itu sendiri dianggap sebagai sesuatu yang dapat meningkatkan gengsi seorang wanita sekaligus sering dikaitkan dengan penampilan yang elegan. Tampil dengan percaya diri dan cantik memang sangat diperlukan, namun sebaiknya dilakukan sesuai dengan batas-batasnya.

Bahaya High Heels Bagi Kesehatan


BAHAYA HIGH HEELS BAGI KESEHATAN
Banyak wanita yang cenderung untuk berpikir mengenai bagaimana bisa tampil menarik. Maka dari itu, mereka akan melakukan apapun untuk bisa mendapatkan hal ini, sekalipun mereka tidak paham mengenai manfaat serta bahayanya.

Tak sedikit wanita yang sering ikut-ikutan menggunakan produk model terbaru, termasuk high heels. Meskipun jenis sepatu yang satu ini bisa meningkatkan kepuasan diri serta mendatangkan banyak pujian, namun dibalik itu ada sebuah efek buruk yang harus dibayar mahal.

Berikut bahaya akibat penggunaan high heels, terutama dalam jangka waktu yang panjang.

- Perubahan Pada Betis
Saat seseorang berjalan, maka akan terjadi gerakan-gerakan pada bagian otot dan betisnya. Bahkan tanpa harus dengan penjelasan ilmiah pun, seseorang pasti bisa mengetahui sendiri mengenai korelasi antara berjalan dengan otot dan betis. Apabila otot dan betis terasa sakit, maka Anda pun akan merasa kesulitan saat berjalan. Nah, penggunaan sepatu hak tinggi bisa membuat terjadinya perubahan mencolok pada bagian otot dan betis dikarenakan sepatu ini akan menuntut gerakan yang berbeda dibandingkan saat berjalan normal.

Beberapa sumber bahkan mensinyalir bahwa penggunaan hak tinggi bisa menyebabkan otot menjadi tegang, kejang otot, serta membuat otot pendek. Selain itu, otot pada bagian tumit belakang yang terus bergerak seperti dijinjit serta betis yang akan terus menegang dikarenakan penggunaan high heels diyakini dapat mempengaruhi pembuluh darah. Hal inilah yang kemudian membuat banyak orang beranggapan bahwa penggunaan high heels secara berlebih bisa menjadi pemicu varises.

- Mudah Jatuh
Bahaya high heels bagi kesehatan selanjutnya adalah mudahnya seseorang cidera dikarenakan terjatuh akibat posisi kaki yang tidak seimbang. Ketika menggunakan sepatu yang rata, maka badan akan tersangga secara baik dikarenakan posisi kaki yang tidak jauh dari permukaan. Sebaliknya, penggunaan sepatu hak tinggi akan membuat kaki yang seharusnya menyangga badan sudah berada di atas. Dibutuhkan usaha yang ekstra agar bisa menyeimbangkan tubuh saat berjalan menggunakan sepatu ini. Jika seorang wanita tidak hati-hati, maka bisa membaut ia terjatuh hingga mengalami cidera yang serius.

- Perubahan Bentuk Kaki
Wanita yang sering mengenakan high heels juga dikhawatirkan akan mengalami perubahan pada bentuk jari dan tulang telapak kakinya. Kondisi ini bisa disebabkan karena bagian tumit yang tinggi sementara pada bagian jari berada pada posisi yang sangat jauh ke bawah. Hal ini memungkinkan bentuk jari kaki menjadi melengkung.

- Mempengaruhi Postur Tubuh
Penggunaan sepatu hak tinggi dalam waktu yang panjang juga diyakini dapat menimbulkan perubahan drastis pada postur tubuh. Saat menggunakan sepatu hak tinggi, maka secara otomatis posisi tubuh juga akan menyesuaikan dengan sepatu serta cara berjalan wanita tersebut. Hal ini secara tidak langsung akan mempengaruhi bentuk dari postur tubuh.

Bentuk dari pinggul dan tulang belakang bisa menjadi tidak sejajar lagi sehingga tubuh akan seperti melengkung. Banyak wanita yang menggunakan high heels akan terlihat seperti membungkuk atau berjalan aneh dikarenakan tubuhnya menopang sepatu yang tidak sesuai bentuk dan tingginya.

- Kehilangan Banyak Energi
Bahaya high heels bagi kesehatan yang sering tidak disadari oleh para wanita adalah membuatnya cepat merasa lelah. Hal ini dikarenakan cara berjalan yang menjadi lebih lambat akibat dibutuhkan waktu serta energi yang lebih untuk menyesuaikan dengan bentuk sepatu. Apabila sepatu terbuat dari jenis bahan yang berat, maka akan semakin banyak pula energi yang terbuang.

- Nyeri, Iritasi & Kaku
Saat Anda sudah berjalan dengan menggunakan high heels selama 30 menit, maka beberapa bagian tubuh seperti betis, pinggang, pinggul, dan telapak kaki akan mulai terasa kaku dan nyeri. Telapak kaki bisa terasa tegang sehingga membuat kurang nyaman.

Pada dasarnya, tampil cantik haruslah disesuaikan dengan nilai kesehatan dari sebuah produk. Khusus untuk sepatu berhak tinggi, hati-hatilah dalam penggunaannya mengingat banyaknya bahaya high heels bagi kesehatan jika digunakan dalam jangka panjang.
Enter your email address to get update from Majuwanita.com.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2014. Majuwanita.com - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Redesign Majuwanita.com Proudly powered by Blogger