logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips Bijak Mengkonsumsi Gula

Majuwanita.com - Secara umum, kehidupan kita tidak bisa dilepaskan dengan konsumsi gula. Hidup akan terasa hambar dan tidak bergairah jika tanpa gula. Inilah alasan mengapa orang sangat bergantung dengan gula dalam kehidupan sehari-harinya. 

Tips Bijak Mengkonsumsi Gula

Namun sayangnya, beberapa penelitian menemukan fakta bahwa dibalik rasanya yang manis, gula bisa berdampak tragis terhadap kehidupan seseorang.

Saat ini sendiri ada begitu banyak penyakit berbahaya yang bermunculan dikarenakan oleh gula. Maka tak heran jika sekarang banyak orang yang mulai menghindari penggunaan gula, meskipun mereka terpaksa melakukannya. (Baca juga : Faktor penyebab hipertensi)

Pada dasarnya, bukan gula yang menyebabkan semua ini, namun lebih kepada orang yang mengkonsumsinya tidak secara bijak. Penyakit-penyakit yang sering ditimbulkan umumnya dikarenakan konsumsi gula yang berlebihan.

TIPS BIJAK MENGKONSUMSI GULA
Dalam batas normal, konsumsi gula bukanlah hal yang berbahaya, bahkan tergolong bagus untuk kesehatan. Maka dari itu, Anda dituntut agar bisa lebih bijak saat mengkonsumsi gula sehingga bisa terhindar dari bahaya. Ada beberapa perilaku yang sebaiknya Anda perhatikan ketika mengkonsumsi gula.

- Rutin Berolahraga
Konsumsi gula sebaiknya dibarengi dengan olahraga yang rutin. Hal ini dikarenakan gula adalah sumber kalori sehingga harus dibakar supaya tidak menjadi timbunan dalam tubuh. Bagi mereka yang sering mengkonsumsi gula namun jarang berolahraga, maka tubuhnya akan dipenuhi dengan timbunan gula yang nantinya menjadi pemicu penyakit tertentu. Oleh karena itu, lakukanlah aktivitas fisik yang rutin supaya gula di dalam tubuh Anda tidak mengendap.

- Batas Penggunaan Gula
Selain memiliki rasa yang manis dan bisa membangkitkan selera, gula dipercaya oleh sebagian orang dapat berdampak positif pada kesehatan. Gula dianggap mampu meningkatkan zat penenang di dalam otak sehingga menjadikan jiwa lebih tenang dan mudah terlelap. Meskipun demikian, namun perhatikanlah resiko dari konsumsi gula. Beberapa ahli menyarankan agar konsumsi gula tidak lebih dari 5 % berdasarkan jumlah kecukupan energi harian.

- Kandungan Gula
Tips bijak mengkonsumsi gula selanjutnya adalah dengan lebih cermat memperhatikan kandungan gula. Saat membeli makanan atau minumam, sebaiknya perhatikanlah kandungan gula pada kemasan produk tersebut. Apabila kadar gula yang dikandungnya masih dalam batas normal, Anda bisa mengkonsumsinya. Namun bagi Anda yang tidak paham dengan batasan kandungan gula, maka sebaiknya pilih produk degan tulisan less sugar atau sugar free.

- Kadar Gula
Saat ini ada begitu banyak jenis gula yang beredar di pasaran, seperti gula pasir, gula merah, gula balok, gula jagung, gula bubuk, dan sebagainya. Perlu dipahami bahwa setiap jenis gula tersebut memiliki kadar kemanisan yang berbeda-beda. Untuk itu, pertimbangkan jumlah kalori dan tujuan penggunaannya.

- Pemanis Buatan
Tips bijak mengkonsumsi gula yang lainnya adalah dengan menggunakan pemanis buatan sebagai pengganti gula. Aspartam merupakan salah satu jenis pemanis buatan yang sering digunakan. Meskipun demikian, bukan berarti Anda bisa menggunakan pemanis buatan tanpa kontrol. Menggunakan dalam jumlah berlebih juga memiliki resiko yang tidak jauh berbeda ketika mengkonsumsi gula.

- Cek Kadar Gula
Memeriksakan kadar gula secara rutin tidak hanya diharuskan bagi mereka yang menderita penyakit gula saja, namun juga untuk mereka yang dalam kondisi sehat. Hal ini lebih bertujuan sebagai langkah pencegahan.

- Batasi Makanan Bergula
Makanan ataupun minuman bergula sangat mudah dijumpai, baik itu yang bersifat alami maupun campuran. Berhenti mengkonsumsi gula itu sendiri tergolong hal yang mustahil untuk dilakukan serta sulit untuk dilakukan begitu saja. Oleh karena itu, Anda bisa memulai dengan membatasi penggunaannya, bukan dengan menjauhkan gula dari hidup.

***

Itulah beberapa tips bijak mengkonsumsi gula agar Anda bisa terhindar dari bahaya yang dipicu oleh gula. Tetap waspada dan hati-hati dalam mengkonsumsi gula karena bisa membuat hidup Anda tidak manis lagi.
Enter your email address to get update from Majuwanita.com.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2014. Majuwanita.com - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Redesign Majuwanita.com Proudly powered by Blogger