logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Menghindari Keracunan Makanan

Majuwanita.com - Sebagian orang lebih memilih untuk menghindari konsumsi dari makanan yang jadi karena dianggap kurang sehat. Memasak makanan sendiri dianggap lebih aman dan menyehatkan. Hal ini memang terbukti benar, namun tentu saja harus diiringi dengan kedisiplinan dalam menjaga kebersihan. Jika tidak, justru bisa menimbulkan keracunan makanan. Hal ini bisa berujung pada sakit perut, sakit kepala, dan bisa berujung pada kematian.

Cara Menghindari Keracunan Makanan

CARA MENGHINDARI KERACUNAN MAKANAN
Bagi para ibu rumah tangga, wanita, atau pria yang memutuskan untuk memasak sendiri, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Karena proses ini akan Anda lakukan sendiri, maka tips berikut bisa diterapkan di dapur secara langsung.

-  Mencuci Tangan
Hal kecil ini merupakan sesuatu yang sangat sering dilupakan. Saat hendak memasak di dapur, maka sebaiknya cucilah tangan Anda terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat dan sabun. Setelah itu, keringkan tangan sebelum lanjut mengolah bahan-bahan.

Selain itu, cuci tangan juga harus dilakukan setelah Anda melakukan kontak dengan bahan-bahan mentah seperti sayur, buah, daging, dan telur. Begitu juga setelah Anda membuang sampah, ke toilet, bahkan saat menyentuh hidung ketika memasak juga harus diakhiri dengan mencuci tangan.

-  Mencuci Talenan
Pastikan untuk mencuci semua talenan hingga bersih, apalagi setelah digunakan untuk mengolah daging mentah. Anda tidak wajib menggunakan antibacteria, cukup dengan sabun dan air panas.

-  Mencuci Lap
Cara menghindari keracunan makanan selanjutnya adalah dengan mencuci lap yang digunakan secara teratur dan gunakan kembali setelah lap tersebut benar-benar kering. Pasalnya, lap yang lembap dan kotor merupakan tempat yang sempurna bagi kuman untuk berkembang biak. Selain itu, gunakan lap sesuai dengan fungsinya.

Sebaiknya bedakan lap yang digunakan untuk membersihkan wastafel dan kompor dengan lap untuk mengeringkan alat makan. Meskipun kedua lap tersebut sudah dicuci bersih, namun jangan pernah menukarnya.
- Talenan yang Berbeda
Gunakan talenan yang berbeda saat mengolah makanan yang matang dan saat mengolah bahan mentah. Bahan mentah bisa saja masih mengandung bakteri yang dikhawatirkan akan menyebar ke apapun, termasuk dengan makanan, telanan, lap, ataupun pisau.

- Pisahkan Bahan Mentah
Sebaiknya pisahkan bahan mentah dengan makanan yang siap disajikan. Hal ini dikarenakan bakteri pada bahan mentah hanya bisa mati jika sudah melalui proses pengolahan saat dimasak.

- Taruh Bahan Mentah di Kulkas
Bahan mentah sebaiknya disimpan pada bagian bawah freezer supaya tidak tercampur dengan makanan lain sekaligus untuk menghindarkan penyebaran bakteri.

- Masak Makanan Hingga Matang
Cara menghindari keracunan makanan selanjutnya adalah dengan memastikan makanan yang dimasak sudah matang sempurna, khususnya untuk daging. Jangan sampai daging tersebut masak pada bagian permukaan saja, sementara pada bagian dalamnya masih kemerahan. Untuk itu, gunakanlah panas yang sesuai saat memasak.

- Suhu Kulkas di Bawah 5 Derajat Celcius
Makanan yang didinginkan di bawah 5 derajat celcius mampu mencegah berkembangnya organisme yang tidak baik pada makanan tersebut.

- Simpan Sisa Makanan di Kulkas
Apabila makanan yang dimasak tidak akan dikonsumsi segera, sebaiknya simpanlah di dalam fridge atau freezer. Makanan yang telah dimasak sebaiknya didinginkan sekitar 90 menit terlebih dahulu, lalu dimasukkan ke dalam kulkas. Makanan yang sudah disimpan di dalam lemari pendingin sebaiknya dikonsumsi paling lama 2 hari.

- Tanggal Kadaluarsa
Cara menghindari keracunan makanan yang terakhir adalah dengan memastikan untuk tidak mengkonsumi makanan ataupun bahan makanan yang sudah lewat batas kadaluarsanya, sekalipun hanya lewat 1 hari atau 1 jam. Kebiasaan seperti ini masih sering dilakukan oleh para ibu rumah tangga dikarenakan makanan tersebut masih beraroma bagus. Perlu dipahami bahwa tanggal kadaluarsa yang tertera pada produk merupakan hasil dari uji ilmiah mengenai penyebaran bakteri di dalam makanan kemasan.
Enter your email address to get update from Majuwanita.com.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2014. Majuwanita.com - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Redesign Majuwanita.com Proudly powered by Blogger