logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Deteksi kanker serviks dengan mudah

Majuwanita.com - Kanker leher rahim sering kita sebut dengan kanker serviks.  Kanker pada bagian rahim yang terletak pada bagian bawah. Berawal dari leher rahim, jika telah memasuki stadium lanjut kanker ini bisa saja menyebar keseluruh tubuh.
Who memberikan peringkat kedua pada Indonesia dalam hal penderita kanker serviks terbanyak setelah kanker payudara.Negara berkembang seperti Indonesia sering kita jumpai bahwa penyebab utama kematian akibat kanker. Untuk menghindari penyakit yang sangat mematikan bagi kaum wanita ini, maka perlu informasi yang tepat untuk melakukan deteksi dini kanker serviks, mengetahui gejala awal, penyebab dan cara mencegahnya.
 
Deteksi kanker serviks dengan mudah

Penyebab Kanker Serviks

Kanker serviks disebabkan oleh human papiloma virus(HPV) onkogenik. Kebanyakan perempuan tidak mengetahui bahwa virus (HPV) menyerangnya. HPV berbentuk mikroorganisme kecil yang mempunyai ukuran 55 mm dan mempunyai 100 tipe HPV yang dapat membuat infeksi kulit sehingga muncul kutil. Virus ini menyerang kekebalan tubuh sehingga dapat berkembangbiak dengan cepat dan memicu kanker serviks.

Perempuan yang mengidap penyakit kanker serviks bisa saja tidak menyadarinya selama bertahun-tahun. Ini sebabnya pentingnya bagi wanita melakukan pendeteksian dini resiko kanker menggunakan metode Pap Smear  secara teratur. Pap Smear  dapat menemukan sel –sel serviks yang belum berkembang biak menjadi kanker. Jika sel tersebut dapat ditangani sejak awal maka semakin besar kemungkinan untuk mencegah kanker serviks timbul.

 Gejala kanker serviks

Tahap awal penyakit ini timbul melalui gejala yang mudah di ketahui. Oleh sebab itu, diperlukan peran aktif Anda untuk melakukan tes Pap Smear setiap dua tahun sekali. Berikut adalah gejala fisik yang timbul karena terdeteksi kanker serviks:

1.   Pendarahan
Kenali siklus menstruasi Anda, perlu diwaspadai jika terjadi pendarahan yang tidak normal diluar siklus menstruasi. Jangan anggap remeh terhadap pendarahan yang terjadi. Periksakan ke dokter jika ingin lebih yakin bahwa Anda bebas dari virus HPV.

 2.   Keputihan
Keputihan adalah keluarnya cairan selain darah dari organ kewanitaan dalam jumlah banyak. Walaupun keputihan tidak berbahaya tetapi ada hal yang perlu dicermati jika Anda mengalami keputihan dengan ciri-ciri : cairan berubah menjadi kental, timbul rasa panas, gatal, berbau tidak enak, cairan bervolume banyak dan berwarna kekuning-kuningan, kecoklatan bahkan hijau.

3.    Nyeri pada saat buang air kecil
Kanker serviks dapat menginfeksi kantung kemih dengan virus HPV yang berakibat rasa nyeri pada saat buang air kecil. Ini serupa dengan gejala ISK (Infeksi Saluran Kemih). Untuk memastikan ada baiknya segera hubungi dokter untuk segera diambil tindakan. Hal ini sama dengan  gejala awal kanker serviks.

4.    Penurunan Nafsu Makan
Penurunan nafsu makan menyebabkan daya tahan tubuh berkurang sehingga rawan stress, tidak mempunyai tenaga, gampang cemas dan berat badan menurun.

5.   Frekuensi Buang Air Kecil Meningkat
Bila terjadi peningkatan frekuensi buang air kecil, tapi pada saat Anda tidak hamil maka ada kemungkinan gejala awal kanker serviks.

6.    Gangguan Pencernaan
Pada saat Anda buang air besar akan mengalami sembelit parah dan terasa ada benjolan.

7.   Kecapekan
Bahkan pada saat beristirahat pun, Anda masih merasa stress serta merasa kelelahan sepanjang hari, kemungkinan tanda kanker serviks

8.   Radiasi
Virus HPV dapat tumbuh akibat dari pancaran radiasi atau pencemaran bahan kimia dalam waktu yang cukup lama.

Semoga gejala kanker serviks diatas akan mengenal mengenai ciri gejala kanker serviks agar dapat deteksi dini kanker serviks. Dengan deteksi dini kanker serviks dapat menyingkat waktu dalam proses penyembuhan.

Enter your email address to get update from Majuwanita.com.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2014. Majuwanita.com - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Redesign Majuwanita.com Proudly powered by Blogger