logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Aturan dan Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan

Majuwanita.com - Dalam dunia kesehatan minum air putih tentunya di sangat diperlukan tubuh. Tubuh kita terdiri dari 80% mengandung air, walaupun terdapat penelitian lain mengatakan cukup 60% saja. Dalam sebuah penelitian, terdapat hampir  hampir 90% mengandung air pada otak kita dan hampir 95 % di dalam darah.  Pada dasarnya, tubuh kita memerlukan banyak minum air atau cairan agar dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita. 

Aturan dan Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan
Aturan dan Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan
Agar dapat manfaat minum air putih, tubuh kita memerlukan 1.5- 2 liter air per hari atau setara dengan 8 gelas per hari untuk tubuh dalam kondisi normal atau standar. Cairan yang masuk dalam tubuh berfungsi untuk menggantikan cairan yang keluar pada saat buang air kecil, buang air besar maupun pada saat keluar keringat dalam beraktivitas.

Banyaknya aturan minum air putih mungkin berbeda-beda, baik asupan perhari maupun jumlah yang diperlukan tubuh. Kali ini saya akan memberikan aturan minum air putih seperti dibawah ini:
  • Minum air putih sebanyak 2 liter diperlukan tubuh yang sehat. Artinya jumlah ini diperlukan untuk orang dalam keadaan sehat. Untuk orang yang mempunyai penyakit ginjal, agar dapat dibatasi atau jangan terlalu banyak dalam mengkonsumsi air minum karena dapat memperberat kerja ginjal.
  • Tubuh memerlukan cairan sampai 2 liter bukan berarti semua kebutuhan cairan berasal dari air putih. Jangan melakukan minum dua liter air dalam satu waktu. Lakukan secara bertahap sesuai kemampuan Anda dalam minum dalam satu waktu. Dua liter air yang diperlukan oleh tubuh bisa berasal dari makanan yang berkuah atau mengandung banyak air, alternatife lain bisa berupa minuman lain seperti susu, jus buah, yang penting makanan dan minuman yang mengandung air.
  • Minum air putih dalam porsi yang cukup, tidak terlalu banyak maupun terlalu sedikit. Terdapat aturan minum air putih berdasarkan berat badan. Sebagai contoh orang yang mempunyai berat badan 50 Kg, porsi yang diperbolehkan untuk orang tersebut hanya 1,5 liter dan tidak boleh lebih. Hal ini karena berat badan akan berpengaruh terhadap kebutuhan air yang di perlukan oleh tubuh masing-masing orang. Untuk orang gemuk tentunya akan memerlukan air lebih banyak dibanding dengan orang kurus.
  • Kebutuhan air setiap orang tentunya berbeda-beda, tergantung pada aktivitas yang dimiliki, berat badan, jenis kelamin, dan kesehatan. Sebaiknya minum air disesuikan kondisi masing-masing. Jadi kapan kita dapat minum air? Minumlah pada saat Anda haus karena ini merupakan tanda yang tepat untuk Anda minum dan ini saat yang tepat untuk tubuh Anda memerlukan cairan.
  • Indikator tubuh kita kekurangan cairan atau tidak dapat dilihat pada warna air seni(kencing). Jika air seni berwarna kuning cerah/jernih serta jumlahnya banyak, itu artinya kebutuhan cairan pada tubuh kita cukup baik. Kalau air seni berwarna  gelap (kuning tua/oranye) dan jumlahnya tidak banyak maka kebutuhan cairan tubuh kita masih belum terpenuhi.
Setelah kita membahas mengenai aturan minum air putih, di bawah ini akan membahas manfaat minum air putih.

·  Memperlancar proses pencernaan
Jika kebutuhan cairan dapat terpenuhi akan memperlancar proses pencernaan dan membantu proses penyerapan nutrisi sehingga kita dapat terhindar dari masalah maag atau sembelit.

·   Menjaga Jantung sehat
Air dapat menurunkan resiko penyakit jantung sebesar 41 %, dengan konsumsi air lebih dari 5 gelas per hari.

·   Buang racun dalam tubuh
Dapat membersihkan racun yang terdapat di dalam tubuh kemudian di bawa ke hati dan ginjal untuk dilakukan pembuangan melalui urine atau keringat.

·   Untuk Diet
Dengan minum yang sesuai dengan kebutuhan dapat menjaga berat badan tubuh. Hal ini cocok untuk yang ingin diet secara sehat yang dapat membuat berat badan dapat proporsional. Jangan lupa makan apapun dalam 45 menit selanjutnya.

·   Membuat kulit sehat
Menghaluskan kulit, membuat kulit Anda terlihat segar dan mempercepat proses perggantian sel mati agar dapat membuat kulit sehat.

·   Mengingkatkan fungsi otak
Pada saat orang minum dengan jumlah yang cukup maka otaknya dapat berfungsi dengan optimal.

·    Mengurangi resiko kanker
Dengan dapat memperlancar proses pencernaan maka air putih dapat mengurangi resiko kandung kemih dan kanker usus besar. Air putih dapat menghancurkan sel penyebab utama kanker dalam air seni.

Demikian aturan dan manfaat minum air untuk kesehatan. Minumlah air putih 8 gelas sehari atau disesuaikan dengan kondisi Anda. Semoga bermanfaat

Enter your email address to get update from Majuwanita.com.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 comments:

Mau cari Tray Makanan untuk makanan yang berkuah ataupun berminyak?
Dijamin anti ngompol dan bocor. Selengkapnya dapat Anda baca di sini.

Balas

Copyright © 2014. Majuwanita.com - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Redesign Majuwanita.com Proudly powered by Blogger