logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Manfaat Bekatul untuk kesehatan

Majuwanita.com - Kulit padi memiliki lapisan utama yakni biji beras atau kulit padi (Endosperm). Kulit padi memiliki bagian kulit luar yang dinamakan hull, sedangkan kulit bagian dalam yaitu brand (bekatul) atau sering disebut selaput biji. Bekatul terdiri atas lapisan seed coat, nucellus, aleurone, dan pericarp. Proses bekatul biasanya diperoleh melalui penggilingan gabah padi menjadi beras.


Pada umumnya proses penggilingan tersebut menghasilkan beras sekitar 60 hingga 65 % saja, sementara untuk bekatulnya sendiri hanya 8 sampai 12 %. Bekatul memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh karena kandungannya yang terdiri atas vitamin, mineral, antioksidan, serta tinggi serat menjadikan bekatul layak ditambahkan ke dalam menu makanan sehari-hari. Namun sayangnya kandungan tersebut belum banyak diketahui oleh masyarakat sehingga mereka lebih menjadikan bekatul sebagai bahan pakan ternak.

Bekatul mengandung komponen bioaktif pangan yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita. Pada penggilingan padi dapat diperoleh sebanyak 10 % saja yang terdiri dari endosperm, germ, serta lapisan aleurone (rice kernel).

Beberapa Manfaat Bekatul untuk kesehatan, diantaranya :

Membantu Sistem Pencernaan
Pencernaan manusia sangat terbantu dengan kandungan serat yang terdapat dalam bekatul, karena tergolong serat yaang mampu membersihkan lemak-lemak yang menempel pada dinding usus. Selain itu bekatul juga dapat melancarkan buang air besar (BAB). Bahkan bekatul juga sangat dianjurkan bagi penderita maag karena serat di dalamnya berguna pada pengenceran garam-garam atau asam-asam empedu dan beberapa zat makanan.

Mencegah Nyeri Saraf
Nutrisi yang sangat tinggi rupanya bermanfaat pula untuk mencegah nyeri pada saraf. Nutrisi seperti vitamin B1 dan B2 pada bekatul dapat mencegah resiko nyeri neuritis atau saraf.

Mencegah Oksidasi
Bekatul terbukti mampu menangkal radikal bebas karena terbukti memiliki kandungan nutrisi seperti oryzanol, vitamin E, vitamin B15. Nutrisi tersebut merupakan antioksidan tinggi untuk mencegah oksidasi yang dapat merusak sel-sel di dalam tubuh. Apabila asupan tersebut telah terpenuhi, bukannya hanya perlindungan yang akan dimiliki oleh tubuh dari bahaya radikal bebas tetapi juga mampu memproses agar melakukan perbaikan secara oksidatif.

Menurunkan Berat Badan
Bekatul juga mampu menurunkan berat badan secara sehat tanpa khawatir adanya efek samping setelah penurunan berat badan terjadi. Meskipun bekatul bukan makanan utama, namun bisa dijadikan sebagai suplemen yang dapat dikonsumsi kapan saja sesuai keinginan.

Bekatul juga dapat anda campur dengan bahan makanan lainnya seperti gula dan jahe. Manfaat bekatul jika dicampur dengan gula dan jahe :
  • Menghindari terkena masuk angin
  • Melancarkan sirkulasi darah
  • Memperkuat lambung
  • Menghangatkan tubuh
  • Meningkatkan nafsu makan
  • menjaga saluran pencernaan agar tetap baik
Bekatul juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga stamina agar tetap prima. Caranya dengan 2 sendok makan di pagi atau sore hari bisa juga dikonsumsi sekaligus 2 sendok makan. Kemudian campurkan dengan segelas air putih hangat.

Demikian informasi mengenai Manfaat Bekatul untuk kesehatan yang dapat kami sampaikan. Jagalah selalu kesehatan anda. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.
Enter your email address to get update from Majuwanita.com.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2014. Majuwanita.com - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Redesign Majuwanita.com Proudly powered by Blogger