logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Apa yang terjadi di bulan ke lima masa kehamilan

Apa yang terjadi di bulan ke lima masa kehamilan - Pada usia kehamilan yang kelima bulan, bayi kecil sudah sedikit usil dengan melakukan lompatan atau tendangan-tendangan kecil di dalam perut anda. Bulan yang sangat menyenangkan bagi bayi dan sang ibu.

Bayi di usia 5 bulan masa kehamilan
Bulan ini merupakan bulan yang besar untuk anak anda, karena pada bulan ini sel-sel saraf pada otaknya yang berjumlah sekitar 10-odd miliar sudah berfungsi. Sel-sel saraf tersebut mulai terhubung satu sama lain layaknya kabel-kabel komputer yang disebut "otak manusia". Diakhir bulan ke 5 bayi akan memiliki panjang sekitar 28 cm dari kepala sampai kaki dan berat sekitar 560 gr. Diameter kepala 6,4cm. Pada periode ini pertumbuhan bayi lebih terpusat pada pertambahan panjang tubuh. Tubuhnya masih sangat kurus. Kulitnya masih sangat tipis dan transparan. Jaringan tebal pembuluh darah tidak terlihat. Mata bayi masih tertutup oleh kelopak mata yang sudah ditumbuhi bulu mata. Alis mata sudah tumbuh dengan baik. Mata bayi akan terus berkembang, saat ini pigmen iris mata sudah memiliki warna tertentu - coklat, hitam, hijau bahkan biru.
Apa yang terjadi di bulan ke lima masa kehamilan

Kuku bayi tumbuh lebih panjang dan rambutnya mulai menutupi kepala. Rambut bayi tersebut masih tipis, setipis sutra. Pada akhir bulan kelima, organ seksual bayi sudah dapat ditentutan dengan tingkat keakuratan yang tinggi. Bayi anda sudah dapat melakukan gerakan-gerakan mengisap dan melahap ibu jari, kegiatan bayi tersebut secara langsung melatih refleksnya untuk menyusui.

Bayi anda sangat aktif. Beberapa kali anda dapat merasakan ia memindahkan lengan dan kaki serta melakukan beberapa tendangan kecil. Melalukan rotasi ke segala arah dan melompat tiada henti. Ia melakukan gerakan tersebut karena tidak suka berlama-lama di posisi yang sama dan juga bertujuan melakukan peregangan kaki hingga mencapai dinding rahim anda. Jika anda memperhatikan, pada perut anda tiba-tiba akan muncul tonjolan. Jangan takut karena itu adalah bayi anda, tonjolan itu merupakan pergerakan dari tanganya, kaki bahkan kepalanya. Anda cukup mengelus-elus kecil perut anda untuk menunjukkan bahwa anda bisa merasakannya dan untuk berinteraksi dengannya.

Bayi dalam perut anda menggunakan waktu sebanyak 16-20 jam sehari untuk tidur. Untuk anda para ibu, mulai sekarang biasakan untuk mengatur pencahayaan ruang kamar tidur. Kurangi pencahayaan dikamar tidur anda. Karena paparan cahaya yang terlalu terang dapat mengganggu tidur si bayi dan menyebabkan ia stress. Periode tidur bayi tidak bergantung dan bertepatan dengan jadwal tidur anda. Hal ini menjelaskan alasan anda terbangun di malam hari dikarenakan bayi anda sedang terjaga dan bergerak di dalam perut anda. Cukup belai lembut perut anda untuk menenangkannya kemudian anda dapat melanjutkan tidur anda.

Bernafas cepat dan terengah-engah.

Ibu selama 5 bulan masa kehamilan
Tubuh anda sekarang bekerja untuk memenuhi kebutuhan 2 orang, anda dan bayi anda. Kebutuhan anda dan bayi akan oksigen menyebabkan anda bernafas lebih cepat. Ketika anda bernafas, bayi anda juga akan mengambil oksigen dan dengan segera berganti dengan karbon dioksida, oleh karena itu anda harus segera menggantikannya dengan oksigen pula. Apabila hal ini menyebabkan anda merasa cepat lelah, atasi dengan latihan-latihan sederhana tanpa biaya seperti menaiki tangga misalnya. Kesulitan yang anda rasakan ketika bernafas dapat dijelaskan dengan adanya peningkatan berat rahim diperut anda yang mendorong naiknya diafragma sehingga mengurangi volume paru-paru untuk menampung oksigen. Keluhan pusing yang anda rasakan disebabkan oleh naiknya tingkat sensifitas otak terhadap peningkatan kandungan karbon dioksida pada darah.

Untuk mencegah sesak nafas yang akan berlangsung selama beberapa bulan kedepan anda dapat melakukan latihan berikut ini: Lakukan latihan kecil pada diafragma anda dengan berdiri tegak angkat kedua tangan lurus keatas diikuti dengan menarik nafas dalam-dalam sampai dada terlihat membusung, kemudian hembuskan perlahan-lahan secara bertahap diikuti menurunkan kedua tangan. Lakukan latihan ini selama 30 menit sehari.

Meningkatnya nafsu makan.
Seperti yang sering anda dengarkan, kehamilan dapat menyebabkan nafsu makan naik drastis. Yang perlu anda ingat agar anda tidak makan dengan berlebihan dan rakus. Nafsu makan anda ini disebabkan respon alami oleh karena adanya perubahan metabolisme pada tubuh. Makanlah sejumlah kalori sebanyak 500-600 sehari untuk memenuhi kebutuhan tubuh anda. Pantau berat badan anda setiap minggunya. Normalnya setiap minggu terjadi peningkatan sebanyak 300-500gr. Bila dalam seminggu peningkatan terjadi dua kali lipat, anda tidak perlu khawatir karena pada minggu berikutnya biasanya akan normal. Namun anda perlu perhatikan bila tubuh naik lebih dari 1 kg, ini bisa jadi disebabkan tubuh memiliki terlalu banyak kandungan air atau lemak. Konsultasikanlah hal ini pada dokter anda dan lakukan diet makanan segar dan vitamin.

Tentang Perineum
Perineum merupakan otot dan ligamen kompleks yang terletak di antara vagina dan anus. Otot ini berfungsi mendukung fungsi kerja rahim dan kandung kemih, isi perut dan panggul. Otot dan ligamen ini akan mengalami tekanan selama kehamilan dan ketika memasuki proses persalinan. Apabila perineum anda tidak cukup fleksibel, otot dan ligamen anda dapat mengalami ketegangan begitu keras sehingga mengakibatkan kerusakan parah. Hasil yang ditimbulkan dari kerusakan ini adalah prolapse atau peristiwa jatuhnya rahim kebawah.

Apabila suatu saat dimasa 6 bulan pertama masa kehamilan, anda tertawa begitu keras atau batuk hingga mengeluarkan air kencing, maka anda perlu memperkuat otot perineum atau otot panggul anda tersebut. Jika tidak, pada minggu pertama setelah melahirkan anda bisa jadi mengalami masalah dalam menangani desakan ingin buang air kecil atau inkontinensia. Meskipun anda sama sekali tidak memiliki kesulitan dalam inkontinensia, tidak ada salahnya untuk tetap melatih otot perineum atau otot panggul anda, karena selain menjaga keharmonisan hubungan bersama pasangan, dengan melatih otot panggul secara teratur dapat menghindari resiko episiotomi atau resiko robek ketika melahirkan.

Untuk memperkuat otot-otot Perineum, anda dapat melakukan latihan sebagai berikut:

Duduk dengan posisi kaki bersimpuh hingga anda merasakan otot-otot perut terasa santai, kemudian lakukan kontraksi otot Perineum lalu lepaskan dimulai dari belakang hingga ke vagina. Lakukan secara bertahap, tahan lepas, tahan kemudian lepaskan. Letakkan jari anda pada otot Perineum untuk memastikan latihan yang anda lakukan sudah tepat, anda akan akan merasakan jaringan yang mengecil ketika di tahan dan kembali ke posisi normal ketika di lepas. Lakukan latihan ini bersamaan dengan melatih pernafasan, ambil nafas bersamaan dengan menahan otot panggul kemudian lepaskan bersamaan dengan membuang nafas. Biasakan diri anda untuk melakukan latihan ini sedikitnya 3 kali sehari dengan 10 kali pengulangan. Setelah melahirkan, bila anda masih memiliki masalah dengan lemahnya otot panggul anda, dengan melakukan latihan yang sama dapat membantu anda pulih dengan cepat.

Fitnes di bulan ke lima masa kehamilan
Baiklah, bila anda belum pernah mengikuti fitnes sebelumnya, sekarang adalah waktu yang tepat untuk melakukan olahraga khusus untuk ibu hamil. Hal ini sangat penting untuk memperkuat otot-otot perut anda sehingga dapat menjaga kesehatan dan elastisitas otot-otot tubuh. Jadi dengan mengikuti fitnes tidak hanya dapat mengurangi rasa lelah disepanjang minggu-minggu terakhir mendekati persalinan dan sesudah persalinan, keuntungan lainnya tubuh anda dapat kembali ke bentuk normal sebelum hamil. Lakukanlah olahraga setiap hari tanpa berlebihan tentunya. Buatlah gerakan-gerakan kecil tapi rutin. Segera setelah anda terbiasa dan latihan tersebut terasa mudah, anda boleh mengulanginya berulang-ulang kali. Jangan lupa dengan latihan pernafasan untuk memperkuat otot-otot tubuh anda. Selain olahraga dirumah yang sangat penting dimasa kehamilan, ada juga pilihan lain yang tak kalah pentingnya seperti latihan yoga khusus untuk ibu hamil, berenang dan senam aerobik di air untuk ibu hamil. Hindari jenis olahraga dan latihan yang terlalu berlebihan. Kami akan segera menerbitkan artikel yang khusus membahas tentang olahraga dan latihan yang tepat dimasa kehamilan.

Varises, kesemutan, dan kaki terasa berat.
Volume darah di dalam tubuh anda meningkat dengan drastis. Dikarenakan pertumbuhan bayi, anda membutuhkan asupan makanan yang lebih banyak. Oleh karena itu, sekitar 25% supplai darah akan langsung masuk menuju ke plasenta. Selagi darah dipompa ke jantung, naiknya jumlah pasokan darah di tubuh anda dapat menyebabkan gangguan sebagai berikut:

Pendarahan kecil dari hidung yang biasa disebut mimisan dan pada gusi yang diakibatkan adanya tekanan pasokan darah dari pembuluh kapiler.

Kesemutan, varises dan kaki terasa berat. Agar terhindar dari gangguan ini, lakukan gerakan mengangkat kaki sesering mungkin agar darah tidak terjebak dalam urat nadi sehinga dapat terhindar dari resiko varises. Anda disarankan untuk mengambil posisi tidur miring ke sebelah kiri lurus dan memanjang dengan tujuan melepaskan tekanan pembuluh darah besar yang berasalah dari rahim anda. Lindungi kaki anda dari panas - tidak berlama-lama mencuci kaki dengan rendaman air panas, tidak berjemur dan hindari penggunaan waxing untuk menghilangkan bulu di kaki anda. Berjalan kaki lah setiap hari untuk memperkuat otot-otot yang dapat membantu mempelanjar sirkulasi darah ditubuh. Apabila keluhan varises mempersulit anda, dokter akan memberikan kaus kaki khusus yang berguna merangsang peredaran darah dan menjegah perluasan urat-urat nadi.


Wasir atau sembeli
Wasir terjadi pada urat nadi yang di sekitar anus. Sering sekali hadir pada masa kehamilan dikarenakan aliran darah yang tersumbat atau karena adanya tekanan dari pembuluh darah panggul dan rahim. Dapat juga diakibatkan oleh konsumsi makanan yang mendorong terjadinya sembelit

Tekanan darah yang rendah dapat menyebabkan tubuh terasa lemah dan keluhan pusing. Lakukan pengecekan tekanan darah sesering mungkin, dan apabila anda menemukan tekanan darah anda tak kunjng normal, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Ginjal
Seiring dengan perkembangan bayi akan berdampak langsung dengan peningkatan kerja ginjal. Sekarang ginjal anda tidak hanya bekerja membuang zat-zat limbah satu orang saja, akan tetapi anda dan bayi anda. Akibatnya ginjal anda bekerja dengan kecepatan yang sangat tinggi. Untuk membantu proses kerja ginjal tersebut, anda diharuskan untuk minum banyak air. Untuk mengetahui apakah anda memenuhi kebutuhan air yang cukup perharinya lakukan test berikut, pada pagi hari sediakan satu atau dua liter air di dalam botol dan lihat hingga matahari terbenam apakah kondisi air habis atau tidak berkurang sama sekali. Konsumsi air yang cukup sangat penting untuk kesehatan tubuh kita terutama dalam kondisi anda yang sedang hamil sekarang ini, kebutuhan akan air menjadi dua kali lipat lebih penting.

Periksa secara teratur air kencing anda. Cara ini dapat membantu untuk mendeteksi dini masalah yang terjadi pada ginjal sehingga bisa mendapatkan penanganan lebih cepat sebelum merugikan anda dan bayi yang anda kandung. Bila anggota badan mulai membengkak, masalahnya mungkin ada pada ginjal, segeralah berkonsultasi dengan dokter anda.

Anemia
Bayi yang anda kandung banyak mengkonsumsi zat besi. Beberapa zat besi tersebut ia dapatkan dari makanan sang Ibu. Sedangkan sebagian lagi didapatkan dari simpanan di tubuh si ibu. Apabila anda tidak mendapatkan asupan zat besi yang cukup, bayi anda akan mulai menghabiskan simpanan zat besi yang berada di tubuh anda. Hal inilah yang mengakibatkan anda terserang anemia ringan bahkan parah. Anemia parah dapat menyebabkan hyprotophy pada bayi.

Gejala yang ditimbulkan oleh anemia adalah sesak nafas, kelelahan, pucat, pusing dan tinnitus. Pemeriksaan hemoglobin akan menunjukkan apakah anda benar-benar terserang anemia atau tidak, dan jika benar demikian, dokter akan memberikan resep obat yang mengandung zat besi. Anemia sangat sering terjadi pada wanita hamil oleh karena itu kebanyakan dokter secara rutin akan memberikan tablet asam folat yang berfungsi sebagai suplemen gizi. Adalah hal yang penting untuk meningkatkan asupan makanan yang kaya akan zat besi agar terhindar dari anemia.
Enter your email address to get update from Majuwanita.com.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2014. Majuwanita.com - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Redesign Majuwanita.com Proudly powered by Blogger