logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Teknologi Terbaru Kedokteran Gigi

Majuwanita.com -  Teknologi telah mengubah kehidupan sehari-hari kita secara signifikan, membawa segala sesuatu dalam jangkauan ujung jari.  Kedokteran gigi juga telah mengalami revolusi dalam bentuk mahkota / jembatan berbantuan CAD / CAM, kecerdasan buatan, virtual reality, dan masih banyak lagi.  Artikel ini membahas beberapa teknologi terbaru kedokteran gigi yang benar-benar akan mengubah dunia kedokteran. 

Teknologi Terbaru Kedokteran Gigi
Teknologi Terbaru Kedokteran Gigi

 

 Teknologi Terbaru Kedokteran Gigi

Beberapa klinik gigi berteknologi tinggi telah ditingkatkan dengan teknologi terbaru kedokteran gigi untuk menawarkan Anda perawatan yang lebih baik.

Sementara beberapa dari inovasi ini berulang, yang lain mungkin secara drastis mengubah industri gigi.  Berikut beberapa teknologi yang mungkin ingin Anda ketahui.

USG 

Teknologi ultrasound telah melakukan beberapa hal luar biasa untuk ilmu kedokteran, dan sekarang industri perawatan gigi mengambil inovasi tersebut.

Tujuan USG dalam kedokteran gigi adalah untuk memberikan pencitraan 2D atau 3D bebas radiasi pada rahang dan gigi Anda dengan harga yang terjangkau.

Namun, teknologi yang mengubah permainan ini juga memiliki kelemahan.  Resolusi gambar yang Anda dapatkan saat ini belum tinggi.  Teknologi ini masih harus menempuh perjalanan panjang untuk menyediakan jenis akurasi dan resolusi yang dibutuhkan kedokteran gigi. Ini merupakan salah satu teknologi terbaru kedokteran gigi yang terbaik.

 Pencetakan 3D

Pencetakan 3D adalah salah satu dari banyak teknologi yang mengubah kedokteran gigi selamanya, terutama pasar lab.  Awalnya dikembangkan untuk manufaktur, inovasi ini kini mengembangkan implan gigi, gigi, panduan bedah, dll.

Dengan memanfaatkan kemajuan Carbon dalam teknologi pencetakan 3D, industri gigi telah mengembangkan beberapa implan gigi dengan lebih cepat, dengan lebih akurat.  Selain itu, bahan inovatif memudahkan untuk memenuhi semua kebutuhan produksi gigi. Ini merupakan salah satu teknologi terbaru kedokteran gigi yang terbaik.

 

 Robotika

Tahun 2017 adalah tahun yang membahagiakan bagi industri gigi karena awal tahun itu, WHO menyetujui robot pertama yang dikembangkan untuk operasi implan gigi.

Robot tersebut dirancang untuk melakukan pembedahan gigi yang tepat dan akurat, khususnya untuk penempatan implan.  Namun, itu hanyalah petunjuk tentang seberapa banyak robotika dapat lakukan untuk industri gigi.

Saat ini, robot bedah memiliki kendali yang lebih tepat atas perawatan gigi, khususnya operasi.  Menggunakan robot ini dalam pembedahan memastikan prosedur yang tidak terlalu invasif, perawatan yang lebih baik, dan waktu penyembuhan yang lebih cepat.

Dan bagian terbaiknya adalah para ilmuwan sedang bereksperimen dengan operasi hands-free total, yang berarti bahwa industri ini pada akhirnya akan menjadi robot. Ini merupakan salah satu teknologi terbaru kedokteran gigi yang terbaik.

Virtual Reality

Jika Anda penggemar sci-fi, kemungkinan besar Anda sudah mengetahui tentang teknologi virtual reality (VR).  Pada tahun 2014, ketika Facebook membeli perusahaan VR Oculus, teknologi ini muncul sebagai pengubah permainan bagi semua orang.

Meskipun realitas maya banyak digunakan dalam game, hal itu dapat membawa perubahan drastis dalam kedokteran gigi.

Pelatihan VR akan mendidik dokter gigi dengan lebih akurat.  Jadi, alih-alih belajar secara tradisional di ruang kuliah, siswa dapat menggunakan teknologi VR untuk mendapatkan pengalaman langsung dan mengasah keterampilan mereka tanpa bereksperimen pada pasien yang sebenarnya. Ini merupakan salah satu teknologi terbaru kedokteran gigi yang terbaik.

Pembelajaran Mesin

Kecerdasan buatan sudah menjadi kenyataan di banyak bidang, artinya akan segera mendominasi industri gigi di tahun mendatang.

Saat ini, dokter gigi memiliki akses ke perangkat keras yang menawarkan banyak solusi luar biasa.  Namun, meskipun perangkat kerasnya memiliki keterbatasan, menggunakan pembelajaran mesin dalam kedokteran gigi dapat menyelesaikan banyak masalah.

Meskipun kantor kedokteran gigi modern dapat mengumpulkan sejumlah besar data berguna dari hasil scan, gambar 3D, dll., Akan lebih membantu jika datanya dikendalikan oleh AI.

Bagi mereka yang bertanya-tanya, sistem itu diprogram untuk mempelajari dan mengembangkan kecerdasannya sendiri.  Ini dapat memindai dan menganalisis masalah pasien dan memberikan obat-obatan dan perawatan lain.  Ini akan memastikan tidak akan mengganggu masalah kesehatan lainnya. Ini merupakan salah satu teknologi terbaru kedokteran gigi yang terbaik.

Bioprinting

Bayangkan gigi yang akan ditanamkan dicetak menggunakan materi genetik Anda sendiri. 

Biomaterial cukup populer dalam ilmu kedokteran yang digunakan untuk mencetak prostesis organik akhir.  Bagian tubuh tiruan ini akan biokompatibel dan diterima sepenuhnya oleh tubuh pasien.

Meskipun keramik yang dapat dicetak telah tersedia untuk pencetakan 3D selama beberapa tahun terakhir, bahan-bahan ini tidak kompatibel secara biologis.  Namun, teknologi ini berpotensi membawa revolusi dalam industri kedokteran gigi. Ini merupakan salah satu teknologi terbaru kedokteran gigi yang terbaik.

Pemetaan Gen

Meskipun ini merupakan teknologi baru, pemetaan gen dapat menjadi gambaran sekilas tentang perawatan gigi yang dipersonalisasi di masa depan.

Saat ini, beberapa perusahaan bekerja dengan teknologi DNA dan personalisasi genetik untuk membuat rencana nutrisi individual, yang akan sangat bervariasi dari orang ke orang.

Sangat mudah dan menyenangkan untuk melihat bagaimana perawatan yang dipersonalisasi ini dapat membawa perubahan yang signifikan dalam dunia kedokteran gigi.  Seorang dokter gigi akan dapat menentukan jenis bahan mana yang bekerja paling baik di mulut pasien dengan mengakses susunan genetiknya. Ini merupakan salah satu teknologi terbaru  kedokteran gigi yang terbaik.

Selain itu, dokter juga dapat melacak apakah pasien memiliki masalah lebih lanjut dan menyarankan perawatan pencegahan yang diperlukan untuk itu.

Internet of Things (IoT)

Internet of things adalah salah satu konsep paling populer yang membuat hidup kita lebih sederhana.  Hidup tidak lagi merepotkan karena Anda sekarang memesan bahan makanan melalui lemari es, tombol dasbor membantu Anda memesan deterjen, dll.

Memiliki gigi pintar yang ditanamkan di dalam mulut Anda dapat melacak kondisi gigi Anda.  Ini juga akan melacak kebiasaan Anda menyikat gigi, cara Anda mengunyah dan minum, dan banyak lagi.

Bayangkan masa depan di mana gigi Anda dapat menentukan jenis makanan apa yang harus Anda makan dan berapa banyak?  Kapan memesan benang gigi dan pasta gigi dengan sendirinya, dan otomatis menjadwalkan janji temu gigi.

Meski kedengarannya agak aneh saat ini, gigi yang terhubung ke internet akan mengubah perawatan kesehatan gigi secara drastis di masa mendatang.

Di dunia saat ini, hampir semuanya dikendalikan oleh teknologi, termasuk industri perawatan kesehatan.  Dan, sudah menjadi sangat umum untuk melihat terobosan inovatif baru dalam kedokteran gigi hampir setiap hari.

Tidak semua teknologi yang disebutkan di atas menjadi kenyataan sekarang.  Sebagian besar konsep ini sedang dalam percobaan atau percobaan.  Namun, semuanya berpotensi membawa perubahan besar dalam perawatan gigi selamanya.

Ada banyak alasan untuk memprediksi pertumbuhan implementasi teknologi lebih lanjut.  Masa depan kedokteran gigi terdekat terhubung dengan:

  •  Augmented reality,
  •  Perangkat IoT (misalnya kamera intra-oral),
  •  digitalisasi peralatan pencitraan dan x-ray,
  •  realitas maya,
  •  Perkembangan teledentistry,
  •  operasi gigi laser,
  •  pengembangan dan penemuan bahan baru.

Semua sarana teknologi kedokteran gigi bertujuan untuk membuat layanan gigi lebih nyaman untuk disediakan dan lebih nyaman bagi pasien, dengan efek jangka panjang yang positif.

Masa depan kedokteran gigi dimulai hari ini, dengan semakin banyaknya inovasi dalam praktek kedokteran.  Dukungan teknologi harus dimiliki oleh klinik gigi modern agar tetap percaya diri di pasaran.  Saat memilih perusahaan pengembang perangkat lunak untuk kerja sama, perhatikan pengalaman kedokteran gigi dan kemampuan untuk menerapkan semua solusi yang diperlukan untuk bisnis Anda.

Enter your email address to get update from Majuwanita.com.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2014. Majuwanita.com - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Redesign Majuwanita.com Proudly powered by Blogger