logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Apa yang terjadi di bulan ketiga masa kehamilan

Majuwanita.com - Meski tampilan bayi berusia 3 bulan terlihat sedikit aneh dengan bentuk kepala yang cukup besar (kira-kira 1/3 dari tubuhnya) namun perkembangan fungsi tubuh semakin pesat hari demi hari sehingga semakin mirip dengan tubuh bayi normal. Jenis kelamin dari si bayi dapat ditentukan kira-kira pada akhir bulan ketiga ini. Organ bayi seperti perut, hati dan ginjal sudah terbentuk dan pada saat ini sedang bekerja keras.

Apa yang terjadi di bulan ketiga masa kehamilan

Pada awal memasuki bulan ke 3, bayi memiliki panjang sekitar 5.5 cm diukur dari kepala hingga kaki dan memiliki tubuh seberat 10g, sedangkan ketika memasuki akhir bulan, bayi anda akan memiliki panjang sekitar 12 cm dengan berat sekitar 65 gr.

Sekarang ini, jantungnya berdetak sekitar 110-160 detakan per menitnya. Perlu diketahui bahwa sejak pertama berfungsi, jantung bayi berbeda fungsi kerja dari jantung si ibu meski beberapa saraf masih terhubung. Ketika suatu saat keadaan emosional si ibu terganggu dikarenakan faktor stres, sedih dan marah, akan menyebabkan kadar adrenalin didalam darah meningkat, kemudian melalui plasenta, bayi dapat merasakan gejolak emosi sang ibu ditandai dengan jantung bayi yang berdetak cepat. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya seorang ibu hamil memiliki kondisi emosi yang stabil.

Sesuatu yang sangat penting terjadi pada minggu ke 10, otak bayi untuk pertama kalinya bekerja untuk mengevaluasi setiap rangsangan bioelectrical yang diterimanya. Apabila si ibu sedang dalam kondisi riang gembira atau stress, oleh karena perkembangan baru pada otak tadi, si bayi juga akan ikut merasakan kondisi si ibu. Hal ini diketahui dari pergerakan secara tiba-tiba yang dibuat bayi dan kondisi jantung bayi yang berdebar-debar. Jadi para ibu, berhati-hatilah dengan stress yang berlebihan dan emosi negatif yang anda miliki. Emosi yang dimiliki bayi terbentuk dari struktur alam bawah sadar yang dimilikinya. Jika anda para ibu ingin bayi yang anda kandung dalam kondisi tenang, maka andalah yang terlebih dahulu menenangkan diri. Bila anda selalu dalam keadaan gugup dan stress, pesan emosional serupa akan disampaikan kepada bayi sehingga kelak tanpa anda sadari karakter mudah gugup dan stress akan melekat ketika ia bertumbuh hingga dewasa.

Apa yang terjadi pada bulan ketiga masa kehamilan
Saat ini tubuh dan jiwa anda sedang berlatih untuk menyesuaikan setiap perubahan yang belum pernah dialami sebelumnya. Pada periode ini anda membutuhkan banyak perhatian, kelembutan, rasa cinta dan rasa aman. Jangan terlalu keras kepala, akui saja kalau anda memang membutuhkan rasa aman yang lebih dari sebelumnya. Coba beri penjelasan kepada pasangan anda tentang apa yang anda rasakan. Luangkan waktu lebih banyak berdua, rancanglah sebuah rencana masa depan. Lebih hati-hati dan lembut dalam memperlakukan satu sama lain, bangunlah sebuah hubungan baru antara anda, pasangan dan bayi dalam kandungan.

Pola makan sehat
Bentuk tubuh anda sekarang mulai berubah sesuai tahapan kehamilan. Berilah perhatian khusus pada apa yang anda konsumsi, seberapa sering dan kualitasnya. Seorang wanita hamil seharusnya tidak hanya mendapatkan porsi makan untuk dua orang tanpa memperhatikan nutrisi yang cukup, protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral yang seimbang. Apabila anda masih mengalami gejala mual dan hilangnya selera makan, usahakan untuk makan sedikit saja namun teratur dengan menu makanan yang sehat dan segar. Vitamin dan mineral berbagai merek dan kemasan dalam hal apapun tidak dapat menggantikan nutrisi yang pada saat ini sangat dibutuhkan tidak hanya tubuh anda namun juga si kecil yang sekarang sedang memasuki masa perkembangan organ dan sistem. Sebuah diet yang sehat dapat membantu anda mengatasi salah satu keluhan yang paling sering dialami oleh wanita hamil yaitu malas makan.

Tubuh anda butuh lebih banyak cairan.
Sekarang ini ginjal anda bekerja lebih keras untuk menyediakan nutrisi dan oksigen bagi bayi dan mengambil sisa-sisa pemrosesan pada darah untuk dibuang. Usahakan untuk meminum lebih banyak cairan agar ginjal terhindar dari racun yang terbentuk selama proses metabolisme. Selain baik bagi ginjal, dengan meminum banyak cairan contohnya air putih, anda juga terhindar dari penyakit umum yang bagi wanita hamil yaitu infeksi saluran kemih.

Lebih sering berjalan kaki
Oksigen segar sangatlah penting bagi bayi. Berjalanlah setidaknya setengah jam sehari diiringi melakukan pernafasan teratur. Temukan sebuah tempat yang cukup nyaman dan tenang dan jauh dari kebisingan. Berjalan kaki merupakan latihan yang sempurna untuk sirkulasi gerak peristaltik. Apabila anda sebelumnya anda sudah terbiasa berolahraga, jangan berhenti karena kondisi anda yang sedang hamil. Namun beradaptasilah dengan kondisi yang ada, hindari saraf yang terlalu tegang dan hindari berolahraga secara berlebihan. Hindari olahraga yang membutuhkan tenanga berlebih. Renang dan senam sangat direkomendasikan bagi wanita hamil. Ingatlah bahwa jantung anda sekarang berdetak lebih cepat dikarenakan naiknya volume darah. Sekitar 25% dari pergerakan darah mengarah ke plasenta sehingga menyebabkan jantung bekerja lebih keras. Efek yang dapat anda rasakan ialah sedikit sesak nafas. Hal ini seharusnya tidak melemahkan semangat anda karena sangatlah penting untuk selalu melatih otot dan kerja jantung akan tetapi tentunya tidak berlebihan dan sesuai dengan batas kemampuan anda.

Hindari berada disatu posisi dalam waktu yang lama
Postur duduk didepan televisi dan komputer tidak baik untuk bayi anda. Buatlah kebiasaan untuk duduk pada posisi tegak pada kursi atau sofa sehingga berat badan tetap berada dibagian depan tubuh anda. Efek bagi bayi bila anda membiasakan diri untuk selalu duduk pada posisi ini ialah bayi tetap berada pada posisi optimal di dalam kandungan anda, sehingga tidak menyebabkan rasa sakit dan nyeri punggung tulang belakang yang sangat mengganggu. Hal yang paling penting, ketika bayi berada dalam posisi yang optimal akan mempermudah proses persalinan anda nantinya. Oleh karenanya biasakan untuk duduk bersila dengan membungkukkan tubuh kedepan atau dapat juga dilakukan di kursi dengan kaki agak terpisah dan siku anda berada di meja atau di pangkuan anda. Dapat juga dipraktekkan ketika sedang berjalan kaki atau menari.

Infeksi saluran kemih pada bulan ke tiga masa kehamilan.
Infeksi saluran kemih merupakan hal yang umum bagi wanita hamil, sebagai konsekuensi dari menurunnya fungsi kerja ginjal dan kurangnya jumlah cairan. Penyakit ini dapat dikenali dari rasa sakit seperti terbakar ketika buang air kecil, pendarahan atau rasa sakit selama intercourse. Jangan remehkan penyakit ini dan segeralah konsultasikan pada dokter anda karena infeksi semacam ini dapat menyebabkan keguguran spontan pada 3 bulan masa kehamilan, resiko bayi lahir prematur dapat terjadi jika infeksi terjadi pada masa kehamilan lanjutan atau infeksi akut dapat menginfeksi bayi selama atau sesudah bayi lahir. Untuk menghindari hadirnya penyakit ini, anda disarankan untuk minum banyak air dan mengatur pola makan lebih sehat. Dengan demikian meskipun aliran darah meningkat, ginjal dapat mengatasinya dengan mudah serta tetap mampu membersihkan racun dari tubuh.

Hubungan seksual
Bila tidak terjadi komplikasi pada kehamilan anda, maka tidak ada alasan untuk absen untuk melakukan hubungan seksual dengan pasangan anda. Jika anda mengalami rasa sakit selama berhubungan atau anda mengalami pendarahan, segeralah berkonsultasi dengan dokter, karena ini mungkin tanda dari peradangan. Selama mengandung anda mungkin saja tidak memiliki keinginan untuk berhubungan badan, hal ini disebabkan oleh perubahan hormonal yang serius. Katakan pada pasangan anda ketika anda menginginkannya dan jangan memaksa, pasangan anda pasti mengerti. Saat ini hal yang paling penting bagi anda adalah anda selalu dalam kondisi santai sehingga bayi yang ada didalam tubuh anda selalu aman tanpa tekanan stress yang tidak semestinya.
Enter your email address to get update from Majuwanita.com.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2014. Majuwanita.com - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Redesign Majuwanita.com Proudly powered by Blogger