logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Apa yang terjadi di bulan keempat masa kehamilan

Majuwanita.com - Pada bulan keempat masa kehamilan, bayi anda akan bertumbuh lebih cepat, dan tingkat pertumbuhannya akan segera mencapai puncaknya, tapi tetap memiliki batas, sekarang semua organ tubuh sudah berada pada tempatnya dan mulai bekerja. Pada bulan ini, tubuh bayi mulai beroperasi terpisah antara satu dengan yang lain, tubuh bayi akan belajar untuk berfungsi secara keseluruhan dan setiap bagian tubuh akan mulai memberi respon pada kebutuhan tubuh lainnya.
 

Calon ibu pada bulan keempat ini memasuki masa yang menyenangkan dimana keluhan mual dan kelelahan telah hilang. Pada bulan ini untuk pertama kalinya anda akan merasakan gerakan lembut secara tiba-tiba didalam perut anda. Untuk pertama kalinya anda akan merasakan satu bentuk kehidupan berada didalam tubuh anda!.

Bayi anda pada empat bulan masa kehamilan
Di awal-awal bulan keempat masa kehamilan, bayi anda memiliki panjang sekitar 14 cm dan berat 11 gram. Pada bulan ini juga bayi mulai lebih aktif ditandai dengan gerakan-gerakan acak dari tangan dan kaki, membuka mulut, gerakan rotasi mata dan alis mata. Kepala bayi sekarang memiliki bentuk yang sempurna dan ukuran kaki lebih panjang dari tangan. Jantung berdetak sekitar 100-120 detakan per menitnya. Untuk fungsi kerja kelenjar tiroid yang optimal, bayi membutuhkan yodium. Konsumsi garam yang rutin dapat menyediakan kebutuhan yodium yang diperlukan bayi anda.

Dapat merasakan tumbuhnya satu kehidupan yang baru di dalam tubuh merupakan peristiwa yang spesial bagi semua wanita. Untuk sekarang setiap gerakan dari si bayi akan terasa sangat ringan, mengingat kondisinya yang masih sangat kecil dan rapuh. Namun tunggu saja dan lihat selanjutnya!.

Selama periode ini tubuh bayi diselimuti dengan lapisan halus dan lembut yang disebut lanugo. Kulit bayi akan terlihat bercahaya. Tumbuhnya beberapa helai rambut dan kuku. Suara detak jantung cukup besar untuk didengarkan menggunakan handset atau dengan menyentuh perut si ibu. Penyebaran sel-sel saraf telah selesai. Jumlah akhir antara 12 dan 14 milyar. Proses pematangan otak secara bertahap akan mulai menurun di minggu ke 18, sebaliknya pada minggu ke 18 ini otot-otot bayi menjadi semakin kuat sehingga gerakan bayi lebih kuat dan terasa jauh lebih jelas.

Pada bulan ke 4 masa kehamilan ini bayi berada pada posisi yang ideal, jenis kelamin bayi mungkin telah terdeteksi dengan menggunakan USG. Bersabarlah, anda akan segera tahu jenis kelamin bayi anda apakah ia laki-laki atau perempuan, ia yang sering mengetuk perut anda.

Pada akhir bulan keempat ini bayi memiliki panjang kira-kira 20 cm diukur dari kepala hingga ke ujung kaki dan dengan berat 240 gram. Selama satu bulan, bayi melakukan pertumbuhan berat badan yang luar biasa!.
Baca : Apa yang terjadi di bulan ke tujuh masa kehamilan
Resiko kehamilan dan penelitian
Jika anda berusia lebih dari 35 tahun dan sedang hamil, anda memiliki beberapa resiko yang menyebabkan terganggunya perkembangan bayi. Namun anda tidak perlu khawatir. Setelah pada rahim anda tumbuh kehidupan baru, hanya dengan sedikit kesabaran dan perhatian, maka anak anda segera lahir dengan sehat. Dapatkan informasi tentang langkah-langkah yang harus anda ambil dan berbagai studi yang ditawarkan dokter anda. Pelajari secara rinci tentang tujuan setiap studi kasus dan apa manfaat serta resiko yang tersembunyi. Semua informasi ini penting bagi anda untuk memutuskan penelitian yang mana anda pilih dan jalani.

Lazy stomach
Kadar hormon progesteron dalam jumlah besar mengakibatkan efek relaksasi pada semua otot halus anda. Efek buruk dari fenomena ini adalah terganggu dan melambatnya fungsi kerja lambung. Jangan sampai hal ini mengakibatkan keluhan sembelit. Hindari makanan manis. Konsumsilah makanan yang alami yang kaya akan selulosa. Hindari konsumsi obat-obatan terutama tanpa resep dari dokter.

Berkeringat
Seperti halnya semua tubuh, kelenjar tiroid anda juga ikut berfungsi aktif. Hal ini menyebabkan peningkatan suhu tubuh sehingga anda akan sering mengeluarkan keringat. Racun dari tubuh anda dan bayi akan keluar melalui keringat tersebut. Ketika anda sedang beristirahat dan cuaca terasa panas, sebaiknya anda memilih tempat yang lebih sejuk. Kenakanlah pakaian yang berwarna lebih terang, bila perlu anda dapat membeli pakaian hamil baru.

Aktifitas fisik
Pada tahapan ini gangguan-gangguan kehamilan seperti rasa mual perlahan menghilang, sedangkan bentuk perut anda belum terlalu besar. Bayi anda sekarang telah melekat sempurna sehingga resiko keguguran semakin kecil. Di bulan ini merupakan waktu yang tepat untuk melakukan hal-hal yang melelahkan karena ketika usia kehamilan anda semakin bertambah, anda tidak dapat melakukan pekerjaan berat lagi. Di usia kehamilan anda sekarang adalah waktu yang tepat untuk berliburan. Usahakan untuk selalu berhati-hati, meskipun liburan terasa menyenangkan, berusahalah agar mencari tempat yang lebih tenang dan tidak melakukan kegiatan fisik yang terlalu melelahkan, yang dapat menyebabkan stress psikologis dan emosi yang berlebihan. Setiap gejala stress dan emosi berlebihan meskipun bersifat positif dapat mempengaruhi keadaan bayi. Silahkan beraktifitas namun tetap terkontrol.
Baca : Apa yang terjadi di bulan ke lima masa kehamilan
Liburan
Ketika anda merencanakan suatu liburan, jangan lupa untuk konsultasikan ke dokter anda sebelumnya. Mengenai tempat beristirahat, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pilihlah sebuah tempat yang sejuk, akan tetapi ketika menyangkut masalah transportasi, berikut beberapa hal yang perlu anda jadikan catatan:

- Kebanyakan perusahaan penerbangan tidak memberikan izin terbang bagi wanita dengan usia kehamilan 8 bulan.
- Mobil merupakan alat transportasi yang buruk - karena goncangan yang dapat menyebabkan kontraksi dan tingginya resiko kecelakaan. Sekarang ini, setiap sudut tempat selalu memiliki konsekuensi. Selalu kenakan sabuk pengaman anda, pastikan tali pengaman berada di bawah perut anda. Jangan biarkan tali tersebut melewati perut bagian atas anda karena beresiko dapat meremas rahim. Hindari perjalanan panjang, usahakan untuk beristirahat dan lakukan sedikit olahraga.

Mengemudi di usia kandungan 4 bulan
Tidak masalah untuk berkendaraan dan menyetir mobil sendirian, tetapi lakukanlah dengan sangat hati-hati. Berkendaraanlah dengan perlahan-lahan untuk menghindari anda mengerem secara mendadak. Selalu ingat emosi yang tiba-tiba dapat menyebabkan lonjakan hormonal di dalam darah anda sehingga cenderung menyebabkan kontraksi pada rahim. Perubahan yang terjadi pada hormon pada tubuh berdampak pada berkurangnya kemampuan refleks anda. Jadi sangat disarankan anda tidak mengambil manuver kendaraan secara tergesa-gesa serta hindarilah mengemudi dengan kecepatan tinggi.
Enter your email address to get update from Majuwanita.com.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2014. Majuwanita.com - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Redesign Majuwanita.com Proudly powered by Blogger