logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Apa yang terjadi di bulan kedua masa kehamilan

Majuwanita.com - Pada bulan kedua masa kehamilan, pertumbuhan bayi sangatlah pesat. Pada periode awal janin memiliki ukuran 5 mm, empat minggu kemudian akan bertambah menjadi 3 cm. Bahkan sekarang pertumbuhannya memasuki proses pembentukan wajah, telinga, hidung dan lidah. Organ-organ dalam sudah berada pada posisi masing-masing dan sebagian sudah bekerja, tulang belakang telah terbentuk, lengan dan kaki bertambah panjang. Ukuran tubuh bayi tidak terlalu proporsional dan rahim akan berapdatasi seiring pertumbuhan bayi. Pertambahan ukuran bayi menyebabkan terjadinya peregangan pada rahim dan ikatan yang elastis yang menahannya ikut tertarik sehingga menyebabkan rasa sakit pada perut bagian bawah wanita.

Apa yang terjadi di bulan kedua masa kehamilan

Bentuk fisik pada wanita hamil di bulan kedua masa kehamilan
Meski perubahan pada bentuk tubuh belum terlalu jelas, akan tetapi perubahan yang pertama sekali dapat anda rasakan pada bagian payudara - membengkak dan tegang, puting berubah warna menjadi lebih gelap. Pada beberapa wanita, dibeberapa bagian kulit tubuh muncul pola yang terbentuk dari pembuluh darah.
Baca : Apa yang terjadi di bulan ke sembilan masa kehamilan
Perubahan emosi pada wanita hamil di bulan kedua masa kehamilan
Dipengaruhi meningkatnya jumlah hormon, menyebabkan beberapa wanita hamil memiliki emosi yang tidak stabil. Beberapa waktu seorang wanita hamil terlihat gembira dan semenit berikutnya bisa terlihat sedih. Wanita hamil lebih sensitif dan mudah tersingguh. Sering menangis tanpa sebab. Anda tidak perlu khawatir dan merasa bersalah, anda dapat memberi penjelasan kepada anggota keluarga bahwa kehamilan menyebabkan anda lebih sensitif jangan lupa bersikap terbuka kepada pasangan dan ceritakan segala kekhawatiran anda. Perlu anda ingat bahwa hampir semua wanita hamil memiliki kesamaan emosi seperti yang anda rasakan.

Berhenti merokok dan minuman beralkohol
Meski terasa sangat sulit, ketika anda tahu anda sedang mengandung, berhentilah merokok dan mengkonsumsi alkohol. Nikotin menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah sehingga pasokan materi yang dibutuhkan bayi akan terhambat. Seorang anak yang lahir dari ibu perokok (lebih dari 10 batang perhari) memiliki kemungkinan besar lahir prematur, memiliki berat badan yang tidak normal serta fungsi kerja saraf yang tidak terlalu aktif. Alkohol dapat menyebabkan kerusakan yang serius sehingga anda diharuskan untuk membatasi konsumsi alkohol hanya segelas sehari. Penyalah gunaan alkohol dapat menyebabkan kelainan pada organ-organ internal dan gangguan kerja otak pada bayi.

Mual, nafsu makan berkurang dan bau badan
Di bulan kedua ini, anda akan sering merasakan mual, dan penolakan yang kuat pada beberapa makanan, serta bau badan yang menyengat. Keluhan-keluhan tersebut merupakan gejala yang paling sering terjadi di tiga bulan pertama masa kehamilan. Tidak jelas apa penyebabnya, alasan yang paling mendekati kemungkinan karena terjadinya perubahan hormon di dalam tubuh. Apabila keluhan semakin sering terjadi terutama dipagi hari, atasi dengan membiasakan dengan mengkonsumsi makanan kecil sebelum beranjak dari tempat tidur. Sediakan biskuit dimalam hari dan makanlah sedikit sebelum meninggalkan tempat tidur dipagi hari. Cara ini biasanya ampuh mengatasi keluhan-keluhan tersebut. Teh balsem juga bermanfaat untuk mengatasi mual dan perasaan tidak nyaman pada bagian perut. Makan dengan porsi sedikit tapi rutin. Di siang hari, sediakan tas berisi makanan dan sebotol sari jeruk, manfaatkan ketika perasaan lemas menghampiri. Dengarkan suara hati anda, konsumsi makanan apa pun yang mendatangkan selera buat anda.
Baca : Apa yang terjadi di bulan ke lima masa kehamilan
Tentu saja ada obat untuk mengatasi mual dan rasa tidak nyaman tersebut, tetapi kebanyakan dari mereka berisko menyebabkan kerusakan pada janin. Jadi hindari penggunaan obat-obatan selama kehamilan dan cobalah pengobatan alami untuk menangani keluhan-keluhan anda, dan jika perlu anda dapat menggunakan pengobatan yang cocok untuk wanita hamil seperti homeopati atau akupuntur.

Pada bulan kedua masa kehamilan bayi bertumbuh semakin kuat
Apabila anda merasa tidak enak badan dan terlihat pucat, cukup basuh wajah anda menggunakan air dingin. Cara ini merupakan langkah yang paling cepat untuk mengembalikan semangat dan mencerahkan kulit wajah. Makeup dan pakaian juga berpengaruh memberikan penampilan yang lebih cantik dan modis serta pikiran positif dan suasana hati yang tenang.

Peregangan kulit merupakan salah satu test yang paling penting selama kehamilan. Meskipun perut anda tiadak terlihat membesar akan tetapi lingkar dada pada bulan kedua ini meningkat secara signifikan, oleh karenanya anda disarankan menggunakan produk perawatan kulit pada bagian tubuh tersebut. Seperti yang telah dijabarkan diatas, mandi dengan teratur membantu menambah kekuatan kulit, terutama bila diselingi dengan air hangat dan dikombinasikan dengan pijatan air yang dihasilkan dari shower pada daerah dada, ditambah dengan lotion kulit yang dioleskan kesekujur tubuh. Hindari penggunaan lotion dengan butiran-butiran kasar karena dapat membuat kulit menjadi terlalu lembut dan halus sehingga bisa mengakibatkan kulit mudah retak dan sakit.

Rasa lelah, pusing dan depresi.
Beberapa wanita di bulan kedua masa kehamilan ini akan mengalami dan memiliki keluhan-keluhan kecil berupa: cepat lelah dan gangguan pada sirkulasi darah yang menyebabkan sakit kepala ringan atau pusing karena tekanan darah rendah. Biasanya karena naiknya jumlah hormon prosterogen dalam tubuh menyebabkan tubuh lebih cepat lelah apabila dibandingkan di masa normal. Jangan paksakan diri anda, segeralah beristirahan kapan saja anda membutuhkannya. Lakukan pergerakan sesering mungkin karena cara ini dapat mendorong lancarnya sirkulasi darah di dalam tubuh. Berjalan kaki, berlari, naik sepeda, berenang dan naik gunung merupakan beberapa contoh yang dapat anda lakukan. Hindari segala bentuk olahraga yang berhubungan dengan melompat, gemetar dan menekan contohnya: berkuda, judo, angkat besi dll. Apabila anda memiliki keluhan rasa pusing, sesak nafas dan gejala serius lainnya, segera konsultasikan kepada dokter anda. Untuk keluhan tubuh lelah dan tidaknyaman, atasi dengan pergerakan tubuh yang lebih aktif. Dan jika anda tidak memiliki waktu lebih untuk aktif berolahraga, mulai lah dengan menaiki tangga ketimbang lift dll. Jadikan jalan kaki sebagai gaya hidup anda.

Mandi di pagi hari menggunakan shower dengan air dingin (bukan beku) tidak hanya baik untuk sirkulasi darah tapi juga untuk tingkat elastisitas tubuh. Hal ini sangat penting dilakukan karena dibulan berikutnya kulit tubuh anda akan mengalami peregangan besar. Milikilah sikat tubuh khusus untuk pijat. Gunakan alat ini pada pagi hari untuk memijat tubuh anda khususnya dari kaki ke jantung. Sehingga selain anda akan merasa lebih tenang, cara ini sekaligus mempersiapkan kulit anda untuk 9 bulan yang akan datang. Lakukan peregangan pada kaki dan tangan pada saat anda sedang duduk dan ketika beranjak meninggalkan tempat duduk. Hal ini bertujuan untuk menghindari anda terkena pusing dan mual secara tiba-tiba. Hindari duduk dan berdiri terlalu lama, apabila memang harus, sering-seringlah mengganti posisi duduk atau berdiri anda.
Enter your email address to get update from Majuwanita.com.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2014. Majuwanita.com - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Redesign Majuwanita.com Proudly powered by Blogger