logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Ketika Bayi Mengalami Gegar Otak

Majuwanita.com - Apa itu gegar otak? Ketika kepala mengalami cedera yang menyebabkan perubahan dalam fungsi normal otak tetapi tidak ada objek yang menembus tengkorak, itulah yang disebut sebagai gegarotak. Cedera mungkin dapat disebabkan oleh pukulan, jatuh, atau benturan keras.

Seorang anak dengan gegar otak bisa kehilangan kesadaran atau memiliki masalah dengan visi, memori, atau keseimbangannya. Memang terdengar menakutkan, tetapi dalam banyak kasus, ini merupakan efek ringan, sementara, dan masih bisa disembuhkan secara total.

Ketika Bayi Mengalami Gegar Otak

Ketika seorang bayi jatuh dan kepalanya terbentur, bagaimana kita bisa mengetahui apakah dia mengalami gegar otak atau tidak? Berikut ini gejala-gejala awal jika bayi mengalami gegar otak :

  • Kehilangan kesadaran
  • Mengantuk
  • Pusing
  • Kebingungan
  • Muntah
  • Rewel
  • Hidung, mulut, dan telinganya berdarah
Jika bayi mulai bernapas tidak teratur, kejang, atau tidak sadarkan diri, segera hubungi ambulans. Jangan pindahkan dia kecuali dalam bahaya karena hal ini dapat lebih menyakitinya. Lakukan CPR jika ia tidak bernapas, atau jika dia mengalami pendarahan, tutuplah lukanya dengan kain bersih dan lakukan tekanan untuk mengurangi pendarahan.

Hal yang sangat umum bagi seorang bayi jika kepalanya terluka ketika mereka jatuh, dan dalam kebanyakan kasus tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun, jika bayi sampai kehilangan kesadaran, segera bawa dia ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Sebab, kadang kala hanya karena benturan kecil saja, otak dapat terluka.

Segera temui dokter jika bayi mengalami benturan di kepalanya dan pada hari berikutnya mengalami :

  • Muntah. Hal yang wajar jika mengalami muntah setelah jatuh, tapi tidak boleh berlangsung secara terus menerus.
  • Tidak mengantuk di siang hari dan tidak terbangun di malam hari. Coba bangunkan bayi beberapa kali pada malam pertama setelah ia jatuh, hal ini hanya untuk memastikan bahwa bayi baik-baik saja.
  • Lemah, bingung, atau ada masalah dengan koordinasi, visi, dan komunikasi verbal
Apakah gegar otak bisa menyebabkan kerusakan otak secara permanen? Memang gegar otak bisa menyebabkan kerusakan otak secara permanen, tetapi itu jarang sekali terjadi. Jika bayi telah menderita gegar otak dan menyebabkan ia kehilangan kesadaran, dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk mengawasinya dalam beberapa minggu ke depan.

Bagaimana cara mencegah bayi agartidak mengalami gegar otak? Hal terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan memilih jenis lantai yang aman untuk anak Anda. Selain itu, pastikan bahwa anak selalu duduk di kursi keselamatan ketika berada di dalam mobil.
Enter your email address to get update from Majuwanita.com.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2014. Majuwanita.com - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Redesign Majuwanita.com Proudly powered by Blogger