logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Apa yang terjadi di bulan ke tujuh masa kehamilan

Apa yang terjadi di bulan ke tujuh masa kehamilan - Kondisi bayi anda pada 7 bulan masa kehamilan baik-baik saja, anda tidak perlu tergesa-gesa menanti kehadirannya. Berikan sedikit waktu untuk masa pertumbuhannya. Tidak baik untuk kesehatannya apabila bayi anda lahir secara prematur. 

Apa yang terjadi di bulan ke tujuh masa kehamilan
Oleh karena itu berusahalah agar tidak mengalami stress dan nikmati beberapa bulan terakhir di periode kehamilan anda karena beberapa saat lagi bayi mungil anda akan segera lahir. Perkembangan respon bayi anda sangat tinggi, ia tidak hanya mampu bereaksi terhadap suara, ia mampu merasakan emosi dari setiap sentuhan atau belaian yang anda berikan. Untuk setiap suara dan sentuhan yang diberikan kepadanya, anda dapat merakasan bagaimana respon yang ditunjukkannya apakah hal tersebut ia sukai atau tidak melalui beberapa pergerakan yang ia lakukan. Pergerakan tersebut terjadi secara spontan tanpa melalui proses.

Ketahuilah bahwa setiap emosi yang anda keluarkan baik itu amarah, sedih, bahagia dsb. dapat dirasakan juga oleh bayi yang anda kandung. Ia dapat merasakannya melalui pelepasan emosi oleh tubuh dalam bentuk adrenalin yang berjalan melewati plasenta. Oleh karena itu penting untuk anda menghindari situasi penuh konflik yang dapat menyebabkan stress. Ingatlah bahwa segala sesuatu pasti ada jalan keluarnya.

Bentuk rupa bayi pada usia 7 bulan masa kehamilan
Memasuki usia kandungan yang ke tujuh bulan, bayi anda memiliki panjang sekitar 34 cm dan berat mencapai 1 kg. Sedangkan diakhir bulan bayi bertambah ukurannya menjadi 39 cm dengan berat kira-kira 39cm. Kulit bayi tidak lagi keriput dan bentuknya sudah membulat. Dengan ukurannya yang sekarang, bayi anda hampir memenuhi ruang pada rahim anda. Pada akhir bulan ketujuh ia sudah memenuhi seluruh rahim sehingga menyebabkan ruang gerak yang terbatas. Bagi para ibu, hal ini menyebabkan stress dan rasa sakit yang luar biasa apalagi bila berada pada posisi berdiri yang cukup lama, terasa seperti ingin melahirkan.
Baca : Apa yang terjadi di bulan ke lima masa kehamilan
Kelopak mata bayi sudah terbuka lebar dan bulu mata bertambah panjang. Usus dan ginjal sudah berfungsi memproses air ketuban yang nantinya akan diserap bayi. Rasa dari cairan ketuban ini berubah-ubah sesuai dengan asupan makanan si ibu. Dengan cara inilah selama dalam kandungan bayi mendapat pengalaman baru yang sangat berguna dikehidupannya kelak yaitu indera pengecap. Pernafasan bayi sudah memiliki ritme dan teratur. Sedangkan mekanisme pengaturan suhu tubuh sedang berkembang.

Apa yang dirasakan ibu di usia kehamilan yang ke 7 bulan ini

Keluhan fisik
Denyut jantung meningkat cepat sekitar 12 denyutan per menitnya atau lebih. Rasio plasma darah meningkat drastis dibanding dengan jumlah sel darah merah sehingga menyebabkan anda mudah merasa lelah dan sesak nafas meski anda dalam kondisi aktifitas fisik yang sedikit. Konsumsi makanan yang kaya akan akan zat besi dan minum air yang cukup. Ikuti kata hati anda dan beristirahatlah kapan saja anda merasa perlu. Gunakan waktu anda untuk berjalan kaki dan lakukan sedikit pergerakan ketika tubuh terasa prima, yang perlu diingat agar tidak berlebihan hingga tidak memaksa jantung bekerja lebih cepat.
Baca : Apa yang terjadi di bulan ke enam masa kehamilan
Kapasitas rahim membesar hingga 500 kali sehingga menyebabkan meningkatnya tekanan pada diafragma dan posisi dada yang terangkat dan terjepit. Rasa tidak nyaman ini lama kelamaan berubah menjadi rasa sakit bila berada pada posisi duduk yang lama. Cara mengatasi hal ini ialah dengan melakukan posisi yang mirip dengan gerakan senam pendinginan yakni dengan berdiri kemudian mengangkat tangan diiringi dengan tarikan nafas yang dalam kemudian diakhiri dengan menurunkan tangan sembari membuang nafas. Biasanya pigmen kulit meningkat dan bila anda perhatikan terdapat garis vertikal berwarna hitam memanjang pada bagian perut bagian dalam. Kemungkinan juga terdapat beberapa pigmen pada wajah dan dibeberapa bagian tubuh. Perubahan pada pigmen kulit ini terjadi seiring dengan meningkatnya hormon hipofisis. Segera setelah melewati proses persalinan keluhan-keluhan seperti ini akan menghilang.

Penampakan bayi dalam kandungan
Hingga akhir bulan ketujuh masa kehamilan bayi sudah memenuhi ruang pada rahim dan menyebabkan ruang gerak bayi menjadi terbatas, biasanya pada bulan ini bayi sudah menempati posisi terakhir menunggu untuk proses persalinan. Kapan saja posisi ini dapat berubah bahkan beberapa saat mendekati persalinan, akan tetapi hal ini jarang terjadi.

Penyakit menular
Pada tahan kehamilan ini, penyakit menular yang dimiliki si ibu merupakan hal yang serius, karena pada beberapa virus dan bakteri memiliki kemampuan untuk menembus plasenta dan masuk ke aliran darah bayi. Oleh karenanya anda harus memiliki perhatian penuh pada hal ini dan apabila anda merasakan gejala yang tidak biasa segeralah menghubungi dokter agar cepat mendapatkan penanganan medis. Kesehatan bayi merupakan segala-galanya, terutama selama kehamilan segala penyakit harus cepat dideteksi sebelum menyebabkan kelainan pada janin. Sangat penting bagi ibu agar tidak sembarangan mengkonsumsi obat-obatan karena hal ini sangat beresiko dan dapat menyebabkan komplikasi bagi bayi dan ibu.

Pencegahan:
- Cuci tangan anda sebelum dan sesudah makan;
- Selama kehamilan ikuti anjuran higienis ketika melakukan kontak dengan hewan (anjing, kucing);
- Cuci dengan baik buah dan sayuran sebelum dikonsumsi;
- Hanya mengkonsumsi daging yang telah melewati proses pemanasan yang baik;
- Jangan mengkonsumsi produk susu yang tidak dipasteurisasi;
- Bila anda haus, minumlah air mineral kemasan;
- Hindari mengkonsumsi tiram, kerang dan siput;
- Meski tidak memiliki keluhan selalu pantau kesehatan anda.

Persiapan untuk persalinan
Bila anda belum menentukan metode persalinan apa yang akan anda jalani, sekarang ini adalah waktu yang tepat untuk bertindak. Apapun metode persalinan yang tersedia, buatlah pilihan yang benar-benar sesuai dengan kondisi anda agar persalinan dapat berjalan dengan lancar dan dengan cara yang anda inginkan.

Kebanyakan wanita akan berbagi semua emosi selama kehamilan dengan pasangannya. Apabila pasangan anda tidak mensupport anda, anda dapat menghubungi keluarga atau teman-teman anda. Bila anda merasa tidak ada satupun yang mampu mengerti anda, ketahuilah bahwa banyak wanita yang pernah berada situasi yang sama dan telah melewatinya. Mereka dengan senang hati akan merespon apa yang menjadi kebutuhan anda. Di era internet sekarang ini anda bisa dengan mudah menemukan forum diskusi dan menemukan teman dan sahabat. Jangan pernah sembunyikan emosi anda, silahkan mengekspresikannya. Cari seseorang yang dapat merubah suasana hati anda tersebut. Pada kondisi sekarang ini anda memang benar-benar membutuhkan seseorang untuk mendampingi anda. Adalah hal yang sia-sia apabila anda berusaha menjadi sosok yang tegar dan berusah menerima semua tantangan sendirian. Buang jauh-jauh pemikiran seperti ini untuk sementara.

USG ke tiga
Minggu ke 32 hingga ke 35 adalah waktu yang tepat untuk USD yang ketiga. Bila kehamilan berjalan normal, pada tahap ini sangat penting untuk mendapatkan USG yang ketiga karena dapat memeriksa pertumbuhan dan kelainan yang dimiliki bayi. Di usia kehamilan ini, posisi plasenta sangat dekat dengan pintu rahim. Dokter yang sudah berpengalaman dapat memprediksi dengan tingkat keakuratan yang tinggi mengenai hari persalinan tanpa harus melewati proses USG berkali-kali.
Enter your email address to get update from Majuwanita.com.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2014. Majuwanita.com - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Redesign Majuwanita.com Proudly powered by Blogger