logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Apa yang terjadi di bulan ke sembilan masa kehamilan

Apa yang terjadi di bulan ke sembilan masa kehamilan - Penantian panjang sudah didepan mata. Waktu persalinan yang semakin dekat menambah rasa tidak sabar untuk segera melihat dan memeluk bayi kecil anda. Beratnya masa-masa kehamilan akan segera berakhir. Rasa canggung, berat dan cepat lelah semakin terasa di perut anda. Ketakutan dan kekhawatiran tentang proses persalinan mulai menghantui pikiran anda.

Apa yang terjadi di bulan ke sembilan masa kehamilan

Bayi anda
Pada awal bulan ke sembilan masa kehamilan, bayi anda memiliki panjang sekitar 46 cm dan dengan berat mencapai 2 kg. Kulit bayi anda tidak terlihat keriput lagi dan lebih lembut dan kencang. Apabila bayi lahir sekarang, ia memiliki kemungkinan lebih besar untuk selamat tanpa bantuan alat-alat medis. Namum, anda jangan tergesa-gesa menginginkan ia lahir lebih awal karena meski ia masih di dalam kandungan, bayi anda tetap tumbuh dan berkembang layaknya hitungan seminggu jika ia telah dilahirkan.

Bayi anda sama sekali tidak lagi melakukan pergerakan dikarenakan tubuhnya semakin membesar dan tidak ada ruang yang cukup baginya untuk bergerak. Biasanya, bayi secara naluriah akan mencari posisi kelahiran yang paling menguntungkan dengan posisi kepala menghadap bawah, lengan terlipat didada dan kaki terlipat keatas. Posisi bayi yang sesuai mengambil peranan penting dalam proses persalinan ibu mengandung, apabila bayi sudah berada pada posis yang mengungtungkan, proses persalinan akan berjalan dengan mudah dan cepat, hal sebaliknya terjadi bila bayi berada pada posisi yang salah, persalinan akan anda rasakan sangat sulit, terasa lama dan sangat menyakitkan.

Setelah usia bayi genap sembilan bulan, ia memiliki panjang sekitar 50 cm dan berat mencapai 3,3 kg. Sekarang ini bayi telah siap sepenuhnya untuk menjalani hidup diluar rahim. Sebagian besar organ-organ tubuhnya akan segera aktif berfungsi setelah dilahirkan. Segera setelah bayi keluar dari tubuh anda, minta kepada dokter agar ia diletakkan di atas tubuh anda, bayi memiliki kebutuhan fisik dan psikologis akan sensasi berada di dunia luar dengan cara melakukan kontak langsung dengan tubuh si Ibu. Ia sudah kenal anda, ia kenal suara anda, aroma tubuh anda, ritme detak jantung anda akan tetapi dengan lingkungan baru yang terasa asing baginya dapat menyebabkan ia stres dan terkejut, hanya pelukan dan sentuhan langsung dari si Ibu lah yang dapat menguranginya, sangatlah penting bagi si bayi untuk merasakan langsung tubuh yang tidak asing lagi baginya, yaitu Ibunya. Sedikit demi sedikit sentuhan lembut yang anda berikan akan menghentikan tangisannya, dan apabila ada kesempatan ia akan segera menunjukkan sikap refleksnya untuk menyusui dan mencari payudara anda. Sangatlah disarankan agar segera menyusui bayi anda sekurang-kurangnya satu jam pertama setelah proses persalinan karena hal ini tidak hanya berpengaruh pada psikologis tapi juga pada psiko-emosional si ibu dan bayi.
Baca : Apa yang terjadi di bulan ke lima masa kehamilan
Setelah proses menyusui dan kontak pertama dengan si ibu, bayi akan dibersihkan dengan air tanpa menggosok kulitnya, hal ini dilakukan untuk menjaga dan mempertahankan lapisan kulit halusnya. Kemudian bayi akan menjalani beberapa proses untuk memeriksa refleks dan tanda-tanda vital ditubuhnya. Pada beberapa rumah sakit bersalin di Indonesia sering sekali ditemukan moment dimana ibu dan bayi dipisahkan setelah proses persalinan dan tidak diberikan kesempatan untuk melakukan kontak untuk pertama kalinya setelah proses kelahiran, hal ini bisa saja terjadi apabila kondisi kesehatan bayi tidak memungkinkan untuk hal tersebut. Namum anda dan pasangan anda bersama dokter yang bertugas dapat mengatur hal ini menjadi mungkin dengan syarat bayi menjalani tes kesehatan yang cepat terlebih dahulu, apabila kondisi bayi sehat, selama satu jam pertama setelah kelahiran ibu dan bayi tidak boleh dipisahkan, sedangkan proses mandi, mengukur, dan beberapa proses tes lainnya dapat ditangguhkan.

Calon Ibu


Pemeriksaan medis dan penelitian
Di usia akhir masa kehamilan ini anda perlu menjalani proses USG untuk mengetahui posisi bayi di dalam rahim dan untuk mengetahui ukuran tubuhnya, contoh darah dan urin anda diperlukan sebagai bentuk pencegahan jikalau seandainya terdapat ketidakseimbangan di dalam tubuh anda sehingga anda segera mendapatkan pertolongan medisa dan tidak berdampak pada kesehatan bayi yang anda kandung. Rendahnya hemoglobin di dalam tubuh dapat menyebabkan keluhan seperti pusing, cepat lelah dan sesak nafas, dengan bantuan asupan makanan dan suplemen yang kaya zat besi anda dapat menyeimbangkan kembali kadar hemoglobin di dalam tubuh. Dokter pribadi anda semestinya telah memberi informasi yang lebih lengkap tentang keluhan anda ini.

Pantau terus status kesehatan ibu dan bayi sekali sebulan dengan melakukan kunjungan rumah sakit atau rumah bersalin terdekat. Namun setelah memasuki usia kehamilan yang kesembilan bulan, seorang wanita hamil wajib memeriksakan kandungannya beberapa kali seminggu. Pemeriksaan rutin ini dilakukan agar ibu dan bayi dapat segera mendapatkan pertolongan medis tepat waktu bila dibutuhkan.

Senam dan kehidupan seksual

Gerakan dan latihan
Jaga supaya tubuh tetap aktif tanpa berlebihan. Perbanyak berjalan kaki, khususnya di daerah pedesaan. Jadikan berjalan kaki sebagai menjadi kebutuhan sehari-hari. Hal ini tidak hanya baik bagi seluruh tubuh anda tapi secara alami dapat membantu perubahan posisi bayi menjelang kelahiran. Meskipun sedikit terasa sedikit repot dan melelahkan pastikan tubuh anda untuk bergerak dan mendapatkan sinar matahari yang cukup. Layaknya seorang atlit yang diharuskan untuk berlatih setiap hari supaya tubuhnya tetap dalam kondisi prima. Pada proses persalinan nantinya anda dihadapkan pada kebutuhan fisik yang serius dan beban emosional yang tinggi, oleh karena itu persiapan fisik dan emosi yang stabil sedini mungkin harus dilakukan. Jangan berlebihan dan terlalu dipaksakan. Anda tidak mesti menyerupai seorang pelari maraton, cukup dengan keluar dan berjalan kaki santai dan beristirahat setiap kali anda merasa lelah.
Baca : Apa yang terjadi di bulan ke enam masa kehamilan
Pada tahap kehamilan ini melakukan beberapa gerakan tarian yang menekan pinggul sangat penting, namun ingatlah agar tidak berlebihan dan hindari gerakan melompat. Gerakan pinggul memutar dapat membantu perubahan pada posisi tubuh bayi serta juga berguna untuk mengencangkan otot panggul. Persiapankan otot panggul anda dengan melakukan senam otot panggul. Otot panggul yang terlatih nantinya dapat mengurangi tegangan yang terjadi selama proses persalinan berlangsung.

Kehidupan seksual
Anda dapat menjalani kehidupan seksual yang normal bila anda tidak memiliki masalah kesehatan atau kontraindikasi medis. Sangat penting agar bagian perut tidak tertekan, oleh karenanya anda diharuskan lebih kreatif dalam mengatur posisi selama periode ini. Hindari gerakan agresif, lakukan dengan lembut dan dengan irama yang halus.

Kontraksi rahim
Selama masa kehamilan anda akan mengalami kontraksi. Kontraksi dibedakan atas dua yaitu kontraksi pertama yang terjadi pertama kali dan terasa lebih lemah sedangkan kontraksi yang kedua terjadi secara sporadis dengan interval waktu lebih sering. Kontraksi secara alami dirancang untuk mempersiapkan tubuh menjelang proses kelahiran. Ketika anda mengalami kontraksi pertama, hal ini merupakan pertanda beban berat yang segera datang, usahakan agar anda tidak terlalu sering berbaring dan sama sekali tidak beranjak dari tempat tidur. Sangatlah penting tetap aktif dalam segal hal.

Kontraksi yang sebenarnya terasa sangat kuat dan dalam waktu yang lebih sering sebagai bentuk peringatan proses persalinan akan segera berjalan. Pada beberapa wanita, adanya kontraksi mengindikasikan dalam beberapa jam ke depan bayi yang dikandung akan segera berada dalam pelukan si ibu, sementara bagi beberapa wanita lainnya bisa saja membutuhkan waktu yang lebih lama yakni sekitar dua atau tiga hari kemudian. Dibandingkan berada lebih awal dirumah sakit, alangkah lebih baik bila anda tetap berada di rumah, santai dan tetap melanjutkan rutinitas sehari-hari hingga pecah ketuban atau kontraksi terasa lebih kuat dengan intensitas setiap 4 menit sekali dan terjadi sekurang-kurangnya selama 1 menit. Pada saat ini anda memiliki waktu lebih kurang satu jam sebelum proses kelahiran berlangsung, oleh karenanya segeralah berangkat dan tiba di rumah sakit tepat waktu.
Enter your email address to get update from Majuwanita.com.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2014. Majuwanita.com - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Redesign Majuwanita.com Proudly powered by Blogger