logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Apa yang terjadi di bulan ke enam masa kehamilan

Apa yang terjadi di bulan ke enam masa kehamilan - Pada saat memasuki bulan ke-6 kehamilan, bayi anda memiliki panjang tubuh sekitar 30 cm dengan berat 650g. Tubunya masih sangat kecil namun pada minggu berikutnya tubuhnya akan dipenuhi lemak subkutan secara perlahan-lahan sehingga beratnya pun akan extra pula. Setelah berumur 6 bulan, bayi anda sekarng memiliki panjang sekitar 35 cm dan berat mencapai sekitar 1 kg.



Pergerakan bayi
Di usianya ini, bayi anda sangatlah aktif. Rata-rata per-jam ia melakukan sebanyak 20 hingga 60 gerakan, dan barangkali lebih tergantung pada keadaan bayi apakah ia sedang dalam kondisi tenang atau gusar. Biasanya jam tidurnya tidak beraturan. Kadang-kadang anda dapat merasakan ia seolah-olah sedang mengayuh sepeda, bergerak dari satu sisi ke sisi yang lain dan menempelkan ibu jari pada mulutnya. Bersinggungan dengan rahim, menekannya hingga terlihat tonjolan pada perut. Ia juga mampu merespon setiap sentuhan yang anda berikan pada di setiap bagian perut anda. Bila anda merasakan aktifitas yang ia lakukan tersebut, cukup berikan usapan lembut pada perut anda dan jika anda merasakan perut anda membengkak atau menggembung secara tiba-tiba, jangan khawatir karena itu merupakan sebentuk respon yang ingin ia tunjukkan atas usapan lembut tadi sebelumnya.

Respon terhadap suara
Selain dapat merasakan sentuhan, bayi anda bereaksi terhadap suara. Ia dapat merespon suara detak jantung anda, suara berisik yang ditimbulkan sistem pernafasan anda serta suara bising dari sistem pencernaan anda. Kendati ia terendam didalam air ketuban, ia mampu mendengar semuanya. Selain suara-suara yang didengarnya dari bagian tubuh internal anda, indera bayi dapat menangkap suara dan pergerakan. Bayi anda mampu mengenali musik yang anda dengar berkali-kali selama ia tinggal didalam perut. Oleh karena itu perhatikan lingkungan tempat bayi anda berkembang dan hindarkan dari suara-suara yang agresif.

Usahakan untuk berbicara banyak hal dengannya. Ceritakan ia semua cerita-cerita indah dan menyenangkan sembari memberi ia belaian lembut di perut. Ketika tiba waktunya ia hadir ke dunia ia akan lekas memahami selama ini suara yang ia dengar tersebut adalah suara ibunya.

Kondisi ibu selama 6 bulan masa kehamilan

Masalah tidur
Kemungkinan besar anda akan mengalami insomnia, terutama setelah tidur malam. Hal ini utamanya disebabkan kondisi bayi anda yang umumnya lebih aktif pada malam hari. Ditambah lagi dengan komposisi otot-otot tubuh anda yang sulit serta ditambah kondisi pikiran yang tidak tenang memikirkan proses persalinan anda nantinya.

Beberapa langkah dibawah ini mungkin layak untuk anda ikuti:

1.  Makan dan minumlah secukupnya, hindari konsumsi kafein. Sebelum beralih tidur, siapkan sebuah apel atau minum secangkir teh yang memberi efek rasa tenang seperti teh jeruk atau lemon.

2.   Berlatih relaksasi - dengan berlatih relaksasi anda akan mendapatkan pengalaman sensasi fisik dan jiwa yang tenang. Latihan yoga untuk wanita hamil sangat berguna karena di dalam yoga anda diajarkan cara menguasai tehnik-tehnik meditasi dan relaksasi, dan apabila anda sama sekali tidak punya waktu untuk mengikuti kursus yoga untuk ibu hamil, anda dapat menggantikannya dengan mencari informasi yang banyak terdapat di internet dan menerapkannya untuk latihan pribadi. Kesanggupan anda untuk mengatur tubuh agar tetap santai akan berguna selama menjalani masa kehamilan serta sangat diperlukan pada proses persalinan nantinya.

3.   Berat badan naik drastis
Sejak sekarang berat badan anda akan naik secara drastis - antara 350 - 400g perminggunya. Peristiwa ini tidak hanya dikarenakan pertumbuhan bayi dan anggota tubuhnyatetapi juga karena plasenta dan cairan ketuban dalam rahim anda. Selain itu badan anda kan bergerak mengumpulkan lemak. Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah berat badan ini adalah dengan membatasi dan melakukan diet sehat disertai pergerakan tubuh yang memadai.

4.    Sakit punggung
Perut besar anda akan bergerak mengikuti gerak pusat gravitasi untuk menjaga keseimbangan. Hal ini berdampak pada bagian pinggang yang menekuk kedalam.

Untuk menyingkirkan rasa sakit yang menyebalkan:

- Pakailah sepatu yang nyaman - sekarang ini bukan waktu yang tepat berjalan dengan sepatu bertumit tinggi, karena sepatu jenis ini dapat mengganggu keseimbangan tubuh dan memaksa pinggang untuk membungkuk. Pilihlah enis sepatu yang nyaman dengan tumit yang rendah dan memiliki kurva lengkungan yang luas dan nyaman.

- Lakukan beberapa olahraga yang nantinya bermanfaat mendatangkan rasa nyaman dan membantu meringankan tekanan pada pinggang. Lakukan latihan untuk memperkuat otot perut.

Harap untuk diperhatikan agar hanya melakukan olahraga yang cocok untuk masa kehamilan dan hindari penggunaan beban fisik yang serius karena dapat menyebabkan resiko kelahiran bayi prematur.

- Kenakan sabuk pengaman untuk masa kehamilan jika perut anda sangat besar atau lingerie spesial untuk wanita hamil dengan korset yang dapat menopang bagian perut dan pinggang.

Kelahiran prematur

Enam bulan termasuk masa kehamilan yang rapuh dan sensitif. Secara teori bayi anda sudah sempurna, akan tetapi bila ia lahir lebih awal, maka memerlukan, penanganan yang lebih sukar.

Pada tahap kehamilan ini, kontraksi rahim yang lemah dapat menyebabkan jatuhnya plasenta sehingga terjadi pendarahan. Jika anda mengharapkan bayi kembar resiko kelahiran prematur menjadi lebih besar. Sebanyak 45% perempuan melahirkan bayi kembar prematur. Jangan paksakan diri anda baik secara fisik maupun psikologi. Hindari semua jenis olahraga kecuali senam dan yoga untuk ibu hamil. Anda juga dapat melakukan aerobik air yang cocok untuk ibu hamil. Perbanyak waktu untuk beristirahat, saat ini waktu yang layak berwisata untuk mendapatkan situasi yang baru.

Enter your email address to get update from Majuwanita.com.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2014. Majuwanita.com - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Redesign Majuwanita.com Proudly powered by Blogger