logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Mencegah Bayi Mengalami Radang Dingin

Majuwanita.com - Ketika bayi merasa sangat kedinginan dan bahkan jari-jarinya berubah menjadi putih, mungkinkah itu gejala radang dingin? Mungkin saja, tetapi itu juga bisa menjadi tanda bahwa kulit bayi sedang melalui tahap frostnip sebelum radang dingin benar-benar menyerang. Jadi, jika jari-jari bayi berubah warna menjadi putih, ia mungkin sedang mengalami frostnipped, dan sebaiknya segera bawa bayi ke dalam ruangan dan ganti pakaiannya dengan yang lebih hangat.

Cara Mencegah Bayi Mengalami Radang Dingin


Peluk dia dengan lembut, hangatkan jari-jarinya dengan air hangat. Jika Anda tidak memiliki termometer, celupkan siku Anda ke dalam air untuk memastikan bahwa airnya tidak terlalu panas. Jangan menggosok jari-jarinya dengan menggunakan pemanas, juga jangan dihangatkan dengan pengering rambut, karena hal itu dapat merusak jaringan kulit.

Jika jari-jari bayi terlihat kekuningan seperti lilin, kaku, mulai membengkak, dan melepuh, berarti radang dingin telah membawanya masuk pada kondisi frostbite yang sebenarnya, yaitu pembekuan kulit. Pada tahap pertama, radang dingin mempengaruhi kulit luar, sedangkan tahap terakhir mencapai ke jaringan kulit, otot, bahkan tulang.

Apa yang harus dilakukan jika bayi mengalami radang dingin? Segera peluk bayi dengan selimut dan bawa ke rumah sakit terdekat. Pada titik ini, bayi akan menghadapi resiko infeksi atau kerusakan jaringan permanen. Jika jari tangan atau jari kaki bayi mulai membeku, bungkus satu persatu dengan menggunakan perban yang steril.

Hangatkan bayi ketika dalam perjalanan ke rumah sakit melalui cara memegang lembut daerah yang membeku dengan kulit hangat Anda. Setelah daerah tersebut mulai membaik, jangan biarkan membeku lagi karena hal ini dapat menyebabkan terjadinya kerusakan yang lebih parah.

Ketika kulit bayi membeku, maka ia akan menjadi sangat merah dan merasa sakit. Paramedis dapat memberikan obat kepada bayi untuk membantunya merasa lebih nyaman. Mereka juga akan memeriksa bayi untuk kemungkinan terjadinya hipotermia atau suhu tubuh yang sangat rendah.

Setelah Anda pulang ke rumah, namun bayi kembali mengalami demam atau kedinginan (menggigil) dengan mengalami perubahan warna tubuh, segera bawa bayi ke rumah sakit lagi.

Bagaimana cara mencegah bayi mengalami radang dingin? Selalu waspada adalah cara yang tepat untuk mengatasi keadaan ini, karena bayi akan menjadi kedinginan atau membeku sebelum Anda mengetahuinya. Sebagian bayi kehilangan panas dari kulit mereka lebih cepat daripada orang dewasa (bayi memiliki presentase permukaan kulit yang lebih tinggi dibandingkan dengan berat badan).

Jika Anda sedang membawa bayi bepergian, sebaiknya jagalah agar ia tidak bergerak terlalu banyak karena ia belum mampu menghasilkan panas tubuh, dan tentu saja bayi tidak bisa memberitahu Anda bahwa ia merasa kedinginan. Kecuali jika bayi sudah cukup tua untuk berbicara, ia mungkin belum bisa memberitahu Anda tentang gejala awalnya, tetapi paling tidak ia akan mengatakan sesuatu tentang ketidak nyamanan yang mungkin ia rasakan.

Jadi sebaiknya kurangi kebiasaan Anda keluar rumah ketika kondisi dingin dan dalam waktu yang lama. Hindari pakaian atau sepatu yang terlalu ketat, karena sirkulasi yang buruk dapat berkontribusi menyebabkan terjadinya radang dingin.

Bila Anda sering ke luar rumah bersama bayi sedangkan cuacanya dingin, sering-seringlah memeriksa bayi untuk mengetahui kemungkinan munculnya tanda-tanda frostnip seperti pemutihan kulit. Biasanya tanda itu muncul pertama kali pada bagian tubuh yang terkena angin dan dingin. Periksalah wajah, telinga, jari tangan, dan jari kaki bayi. Hal ini tetap harus Anda lakukan meskipun bayi telah memakai pakaian yang hangat dan tebal.

Segera ganti pakaian bayi yang basah karena kelembaban dapat menarik panas dari kulitnya. Selain itu Anda juga dapat mengenakan sarung tangan kepadanya. Sebaiknya Anda lebih berhati-hati terhadap radang dingin, khususnya pada hari-hari yang berangin, karena angin dapat membuat kulit kehilangan panas lebih cepat sehingga meningkatkan resiko terjadinya hipotermia dan radang dingin.
Enter your email address to get update from Majuwanita.com.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2014. Majuwanita.com - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Redesign Majuwanita.com Proudly powered by Blogger