logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Bayi anda pada usia 8 bulan masa kehamilan

Bayi anda pada usia 8 bulan masa kehamilan - Di awal bulan ke delapan masa kehamilan bayi anda memiliki panjang sekitar 40 cm dari kepala hingga kaki dan dengan berat 1,9 kg dan diameter kepala 8,7 cm. Pada akhir bulan ke delapan panjang bayi akan mencapai 45 cm dan berat kira-kira 2,4 kg dan diameter kepala 9,2 cm.


Objek utama yang diperlukan bayi pada periode ini adalah menambah lemak tubuh, di awal bulan kedelapan ia masih memiliki bentuk yang sedikit keriput, namun secara bertahap akan berbentuk bulat dan kerutan-kerutan di tubuhnya berangsur hilang. Anda tidak perlu merasa khawatir apabila intensitas tendangan bayi semakin berkurang, ini disebabkan karena terbatasnya ruang gerak bayi di dalam rahim akibat dari tubuhnya yang semakin membesar. Sekarang ini ia lebih aktif bermain dengan jari-jarinya.

Kandungan kalsium pada darah bayi lebih tinggi bila dibandingkan yang anda miliki. Hal ini disebabkan bayi anda sedikit rakus dengan kalsium, plasenta bekerja menyerap kalsium dari tubuh anda dan menyalurkannya ke pada anak yang anda kandung. Bayi anda membutuhkan banyak kalsium yang berguna bagi pertumbuhan tulang dan giginya. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi makanan harian yang kaya akan kalsium sangat baik untuk memenuhi kebutuhan tubuh anda dan bayi. 

Sebagai catatan - anda dianjurkan untuk tidak berlebihan mengkonsumsi susu, karena berpotensial dapat menimbulkan alergi, sebagai alternatif anda bisa memilih menu diet harian seperti keju dan yogurt dan beberapa variasi makananan lain yang kaya akan kalsium seperti jus jeruk, sayuran berwarna hijau gelap, makanan ringan berbahan jagung, kacang kedelai dan wijen.

Perubahan posisi tubuh bayi
Ketika saatnya tiba, bayi anda akan merubah posisi tubuh dan kepalanya mengarah lebih dekat ke bagian tersempit dari rahim. Posisi yang paling menguntungkan di saat proses persalinan berlangsung adalah kepala berada dibawah dengan punggung menghadap kiri. Bila tubuh bayi tidak berubah ke posisi ini, persalinan akan sulit dilakukan, karena akan terjadi pembengkakan dan tercipta ruang yang cukup didalam rahim untuk bayi bergerak dan memutar. Bila diusia kandungan delapan bulan posisi bayi tubuh bayi belum juga berubah, maka untuk hasil persalinan yang lebih optimal anda akan disarankan untuk mendapatkan penanganan tertentu dengan beberap teknik untuk merubah posisi bayi sehingga dapat dipastikan anda akan melewati persalinan lebih cepat, lembut dan tanpa rasa sakit yang berlebihan.

Nasihat bagi calon ibu
Dalam menjalani cuti hamil anda disarankan untuk mempergunakan waktu untuk bersantai dan mempersiapkan mental dan material untuk kehadiran bayi. Di kondisi sekarang, tubuh akan terasa berat dan sulit untuk bernafas serta cepat lelah dikarenakan ukuran rahim yang semakin membesar sehingga mengakibatkan beberapa organ tertekan dan terjepit.

- Beristirahatlah sebanyak mungkin. Hindari pekerjaan dan tugas-tugas yang dapat menyebabkan kelahiran prematur. Bayi yang lahir tepat waktu lebih besar kemungkinan dapat beradaptasi lebih cepat dengan lingkungan sekitarnya.

- Lakukan olahraga relaksasi, latihan pernafasan, dan terapi pijat pada perineum.

- Lakukan kegiatan diluar ruangan selagi anda bisa, nikmati waktu luang anda. Lakukan semuanya dengan hati-hati tanpa berlebihan.

- Persiapkan kamar bayi dan segala sesuatu yang anda butuhkan pada minggu pertama setelah proses melahirkan. Bila bayi yang akan lahir ini bukanlah anak pertama anda, pikirkan dan susunlah rencana siapa yang akan mengurus anak anda yang lainnya ketika anda berada di rumah sakit atau sesudahnya. Diskusikan kepada pasangan anda cara ia mengatur dan mengurus anak-anak anda yang lainnya, pertimbangkan cara mengatasi kecemburuan dari anak-anak anda lainnya terhadap kehadiran anggota keluarga baru. Kehadiran kakek dan nenek dapat disertakan untuk membantu anda dan pasangan dalam merawat dan menjaga anak-anak anda.

- Aturlah siapa yang dapat membantu mengurus kebutuhan rumah tangga selama minggu pertama setelah melahirkan. Karena anda perlu waktu untuk beristirahat dan latihan. Selama seminggu penuh bayi anda membutuhkan asupan makanan dan berada dekat dengan anda. Adalah hal yang baik bila pasangan anda menyanggupi untuk mengambil alih tugas-tugas rumah tangga selama seminggu penuh setelah melahirkan. Dalam hal ini, kehadiran kakek dan nenek memang dibutuhkan. Selain bermain bersama cucu, mereka juga dapat membantu keperluan rumah tangga anda. Namun jika anda merasa perlu, kehadiran mereka tidak diperlukan. Hal ini bertujuan untuk memberikan waktu privasi bagi anda dan pasangan mendapatkan pengalaman dan perubahan dalam keluarga, agar dapat saling mendukung dan memperkuat hubungan. Pertimbangkan bagaimana keluarga anda bersama-sama melewati dan beradaptasi pada kehadiran anggota keluarga baru sehingga anak-anak anda lainnya tidak merasa diasingkan, hal-hal seperti ini sangatlah penting.

Masalah tidur
Bentuk perut yang semakin membesar memberikan kesulitan bagi anda ditambah aktifnya pergerakan bayi di dalam perut seperti tidak mengerti kebutuhan ibunya. Ia akan tetap "iseng" terhadap anda hingga di tempat tidur sekalipun.

Bayi anda akan terjaga ketika anda sedang tidur, ia akan menusuk dan mencubit anda seperti tidak rela melihat ibunya tidur dan membiarkan ia sendirian. Belajarlah untuk bersantai - lakukan jalan-jalan sore, meminum secangkir susu panas atau pijatan lembut pada tubuh akan meringankan kondisi anda. Masukkan beberapa tetes minyak lavender pada air yang mendidih dan hirup uapnya segera anda akan membantu tubuh lebih santai sebelum beranjak tidur. Posisi yang paling nyaman untuk tidur adalah menyamping ke sebelah kiri dengan beberapa bantal menyangga punggung anda.

Perawatan kulit perut.
Kulit pada perut bagian bawah terasa lebih kencang dari kondisi normal. Untuk menghindari adanya bekas parut, lakukan pijatan menggunakan krim spesial untuk
menjaga elastisitas kulit tanpa menyebabkan efek samping.

Mempersiapkan payudara untuk menyusui
Lakukan persiapan dengan cara membilas menggunakan air hangat dengan intensitas waktu tidak lebih dari 20-30 detik ketika anda mandi, kemudian gosok bagian dada menggunakan handuk kasar. Berikan gerakan pijat yang lembut pada puting dan daerah pinggiran puting menggunakan ibu jari dan jari telunjuk. Pegang payudara  menggunakan satu tangan dan dengan hati-hati dan gerakan lembut tarik kedepan, tekan aerola disekitar puting sehingga proses keluarnya air susu tidak tersumbat dan aktif.

Dengan membiasakan melakukan persiapan seperti ini sebelum menyusui setiap harinya selama beberapa menit akan menghindarkan anda dari beberapa masalah yang sering dialami kebanyakan ibu menyusui.

Kontraksi periodik
Di usia kehamilan sekarang ini, kebanyakan wanita akan sering mengalami kontraksi. Beberapa kontraksi mungkin terasa kuat, tapi tidak sering terjadi dan intervalnya teratur.
Biasanya kontraksi menimbulkan perasaan tegang pada perut dan meluas hingga kebagian bawah. Kontraksi dapat juga digunakan sebagai ciri memasuki waktu persalinan.

Otot panggul yang terasa berat
Kebanyakan wanita akan merasakan berat pada bagian perut, perasaan seperti ditarik kebawah dan sakit yang tertahan. Perasaan ini diakibatkan oleh perubahan yang terjadi pada sendi di tubuh. Tulang panggul mulai berubah bentuk dan memisah guna memperiapkan proses persalinan. Berat yang disebabkan tubuh bayi akan mulai terasa turun hingga mencapai panggul.

 Pada minggu terakhir bulan ke delapan, bayi dalam kondisi aman untuk menjalani proses kelahiran dan memiliki kesempatan  untuk bertahan hidup. Perlu anda ingat, hindari stres fisik dan psikologis yang dapat memancing kelahiran prematur. Karena semakin lama ia berada di kandungan, maka
semakin besar daya tahan tubuh bayi untuk menjalani kehidupan di luar rahim.
Enter your email address to get update from Majuwanita.com.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2014. Majuwanita.com - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Redesign Majuwanita.com Proudly powered by Blogger