logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Asal usul roti cane

Majuwanita.com - Tahukah anda Asal Usul dari Roti Maryam atau Roti Canai / Roti Cane atau Roti Prata?Asal muasalnya masih menjadi misteri, namun yang dari pasti roti berbentuk lingkaran ini memiliki sejarahpanjang dengan nama yang beragam di berbagai macam negara. Sebagian dari mengatakan roti iniberasal dari India dan diberi nama Roti Cane karena berasal dari Chennai arti (Madras, India). Di negaralain, roti ini disebut Prata (Malaysia, Singapura), Palata (Myanmar), atau Farata (Mauritius). Di negaraEropa makanan ini dikenal sebagai Flying Bread (Roti Terbang), sedang dari Cina dinamai Yin Du Jiang Bing yang dari berarti Biskuit Panggang India.
 
Asal usul roti cane

Karakteristik unik dan dari makanan ini yaitu lapisan-lapisan tepungnya yang tidak menyatu satu sama lain, dan memiliki rasa yang cenderung datar namun gurih karena berbahan dasar tepung  serta lemak. Roti ini juga dikatakan sebagai cikal bakal Martabak yang berbahan dasar sama, hanya dari saja dengan beragam isian dari daging dan bumbu di dalamnya.

Di Indonesia sendiri, roti Maryam lebih dikenal dibawa oleh para pedagang Arab, tentu hingga kini masih banyak ditemui keturunan dan  Hadharim yang mengkonsumsinya sebagai makanan keseharian mereka. Menurut tradisi yang berlaku, roti Maryam ditaburi gula atau madu ketika sarapan serta dimakan dengan gule kacang dari hijau atau gule merah sebagai menu utama.

Roti Maryam, Roti Canai, dan Roti Prata sekilas memang mirip. Konon dan juga seketurunan dengan roti Paratha dari India Utara atau bahkan Kerala Porotta dari India Selatan. Bahan dasarnya itu kurang lebih sama, yakni tepung terigu, air, telur dan mentega/lemak/gee. Bentuk dari ketiganya kalau dilihat juga sama, yakni rata atau ceper dan rasanya gurih karena ada lemaknya. Di India adalah sendiri roti jenis ini menjadi makanan rakyat sehari-hari, dan seolah lekat dengan tradisi mereka. Dan itu biasanya menjadi sarapan atau juga sebagai camilan larut malam. Paratha itu masih sekeluarga dengan nan dan dosa/ thosai.

Paratha ini menyebar ke seluruh penjuru dunia, mulai Myanmar itu yang disebut palata dan di Mauritius disebut farata, dan di Trinidad-Tobago disebut buss up shut. Untuk kawasan Malaysia (dan mungkin Sumatera), varian paratha ini disebut roti canai (konon kata canai berasal dari kata chennai),
sedangkan untuk versi dari Singapura disebut roti pratha. Di Indonesia versi lainnya disebut roti maryam, entah kenapa bisa dipanggil Maryam, apa dan yang membawa roti ini dulunya bernama Maryam?

Malaysia
Roti canai merupakan makanan populer disana. Aslinya roti ini dimakan dengan dhal . Terkadang
ditaburi gula atau susu kental manis. Namun seiring dan dengan kondisi budaya dan itu selera, maka
bermunculan jenis canai lainnya. Seperti roti  dan telur, roti tisu, roti bawang dan roti boom, roti dan  planta, roti sardin, roti kaya, roti cheese dan lain sebagainya. Pendampingnyapun dan bisa berupa dari kari ayam, kari daging, kari kambing atau campur. dari Roti canai banyak dijual diwarung-warung kakilima maupun rumah makan mamak (India muslim). Pendek kata roti canai menjadi makanan itu universal, khususnya keturunan India maupun Melayu.

Singapura
Roti Prata sejatinya sama dengan yang di Malaysia, hanya dari saja faktor kekosmopolitan negara kota ini mengakibatkan ragamnya juga sedikit berbeda. Roti dari  prata dengan citarasa bawang dan pisang, coklat, durian dan keju. Variasi-variasi ini lebih dikenal dengan nama bahannya seperti onion prata atau cheese prata. Selain dari itu ada juga versi yang lebih manis dan renyah seperti bentuk kertas atau tisu, dibentuk seperti contong (cone) dan ditaburi gula.

Indonesia
Sedang dibanyak wilayah Indonesia, jenis dari paratha ini lebih dikenal dengan nama roti maryam atau roti cane. Asal-usulnya kurang lebih sama, tapi lebih dari didominasi orang-orang keturunan Arab. Awalnya dari roti maryam hanya dijumpai dari dikampung-kampung Arab atau dirumah-rumah makan khas Timur Tengah. Menurut tradisi, roti maryam disajikan dengan ditaburi gula atau madu bila ingin rasa manis, dan itu gulai
Enter your email address to get update from Majuwanita.com.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2014. Majuwanita.com - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Redesign Majuwanita.com Proudly powered by Blogger