logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Resep Cara Membuat Pempek Kapal Selam

Majuwanita.com - Bagi yang pernah berkunjung ke Sumtera Selatan. Pempek kapal selam tentu sudah tidak asing lagi. Menu ini adalah salah satu dari menu khas Palembang yang banyak disukai oleh para pemburu kuliner. Pempek sebenarnya memiliki banyak variasi, seperti pempek lenjer, pempek ikan, pempek lenjer dan pempek kulit. tapi kali ini yang akan kami bahas adalah pempek kapal selam. Pempek kapal selam berisi telur di dalamnya dan besarnya biasanya lebih bear dari pempek lainnya. jika anda salah satu dari sekian banyak orang yang menyukai pempek palembang, berikut kami akan membagikan cara membuat pempek kapal selam kepada anda.

Resep Cara Membuat Pempek Kapal Selam
Membuat pempek kapal selam sendiri di rumah tidaklah sulit. Bahan-bahan untuk membuat pempek kapal selam juga tidak sulit untuk dicari. Pempek kapal selam adalah makanan khas Palembang yang paling banyak digemari di antara pempek laninya. Inilah bahan dan langkah-langkah membuat pempek kapal selam dengan mudah.

Membuat pempek kapal selam
Di Palembang anda akan sangat mudah menemukan pempek. Hampir di setiap sudut kota penjual pempek sangat mudah di temukan. Rasa p penasempek yang enak, tentu mengundang rasa penasaran untuk mencobanya sendiri di rumah. Berikut cara membuat pempek kapal selam :

Bahan-bahan membuat pempek kapal selam

  • 500 gram ikan belida atau tenggiri
  • 500 gram tepung sagu
  • 2 telur ayam
  • 1 ½ sedok teh garam
  • 250 cc air matang
  • 1 sendok teh penyedap rasa
  • Telur secukupnya sebagai isi
Cara membuat pempek

  1. Bersihkan sisik ikan beserta peru ikan dan belah menjadi 2 bagian. Bersihkan tulang-tulang serta isi perut ikan. Setelah itu filet dagingnya dan haluskan. Menggunakan blender juga bisa dilakukan untuk mendapatkan hasil daging ikan yang halus.
  2. Setelah daging ikan menjadi halus, campurkan daging ikan itu dengan telur, garam dan penyedap rasa dan beri aiar sedikit demi sedikit dan campur hingga rata. Setelah itu, masukan tepung sagu sedikit demi sedikit dan aduk secara rata. Lakukan hingga adunan menjadi kalis dan mudah di bentuk.
  3. Setelah itu, ambil adonan dan bentuk seperti bola tenis. Bentuk terus hingga adonan habis, setelah itu selesai, pipihkan adonan dan isi dengan telur. Rekatkan kembali adonan dnegan cara menekan dan mencubit setiap ujungnya.  Pastikan adonan sudah tertutup dengan sempurna, jangan biarkan ada celah sedikit sja. Celah akan membuat adonan menjadi buyar saat di rebus.
  4. Setelah di rebus. Pempek sudah disiap dinikmati. Tapi sebelum menikmati pempek, sebaiknya digoreng terlebih dahulu. Pekpek kapal selam lebih enak dikonsumsi setelah digoreng daripada masih dalam keadaan di rebus. Dalam menggorng pekpem, jangan menggoreng pempek terlalu garing dan kering. Karena pekpem akan berubah menjadi keras setelah dingin.
  5. Potong satu pempek kapal selam dan potong hingga mudah untuyk dinikmati. Sebelumnya tambahkan irisan timun dan mie sebagai tambahn. Tapi jika ingin mengkonsumsi pempeknya saja juga tidak masalah.
Membuat pempek sangat mudah. Bahan pembuat pempek juga sangat mudah ditemukan. Cara membuat pempek kapal selam di atas bisa anda coba di rumah bersama keluarga untuk menikmati pempek kapal selam buatan sendiri.

Pempek adalah salah satu menu kuliner favorit masyarakat Indonesia. Kuliner yang satu ini selalu memiliki penggemar fanatik. Terlebih kuliner satu ini sudah terkenal seantero Indonesia. Jadi jika anda  tinggal di luar pulau Sumatra dan kesulitan untuk menemukan penjual  pempek, karena tidak banyak yang berjual pempek. Membuat pempek sendiri adaalh alternati yang harus anda lakukan. Selain itu, pempek yang dibuat sendiri juga lebih aman dan terjaga ingredientnya.
Enter your email address to get update from Majuwanita.com.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2014. Majuwanita.com - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Redesign Majuwanita.com Proudly powered by Blogger