logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

cara membuat roti abon gulung

Majuwanita.com - Pembuatan roti merupakan bentuk lain dari pemanfaatan proses fermentasi yang dilakukan oleh jamur ragi  dalam proses fermentasi, Saccharomyces sp merubah karbohidrat menjadi karbondiokasida dan alkohol. Karbondioksida itu merupakan gas yang dapat dilepaskan ke udara bebas. Di dalam itu sebuah adonan, gas yang dihasilkan dari proses fermentasi oleh Saccharomyces sp terjebak oleh pekatnya adonan tersebut, sehingga gas itu tersebut tidak dapat dilepaskan ke udara bebas. Gas itu  yang dihasilkan dari proses fermentasi ini dimanfaatkan untuk mengembangkan adonan. 
 cara membuat roti abon gulung

Dengan cara pemanasan pada oven dengan suhu tinggi gas  itu akan memuai, sehingga adonan akan tambah mengembang. Pemanasan itu juga berfungsi untuk mematikan sel-sel ragi. Selain itu hal tersebut, terbentunya alkohol dari proses fermentasi juga dapat meberikan aroma khas pada itu adonan. Dengan demikian pemberian Saccharomyces sp dalam pembuatan roti selain berperan dalam mengembangkan adonan juga dapat menambah itu aroma, sehingga meningkatkan cita rasa konsumen

ALAT DAN BAHAN  
1 ALAT 
1. Oven dengan suhu 1800C 
2. Loyang atau cetakan roti 
3. dan Waskom 
4. Panci 
5. Ember
6. Baki 
7. gelas minum 
8. Sendok makan dan sendok the 
9. Beker glass 
10. Gelas ukur 
11. Pengaduk dan 

CARA KERJA 
1. Siapkan bahan-bahan dengan takaran sebagai berikut:  1kg tepung terigu•  150 gram gula pasir•  2 butir kuning telur ayam•  100 gram mentega•  2 gram garam•  600 ml air hangat yang matang (suam-suam kuku atau sekitar 35-370C.)• 

2. Campurkan ragi instan, tepung roti, dan gula, aduk sampai rata 

3. Masukkan margarin, kuning telur, susu dan, air aduk selama 30 menit hingga kalis 

4. Biarkan semua adonan selama 30 menit hingga mengembang 

5. Bagilah itu adonan menjadi beberapa bagian 

6. Isi adonan itu dengan coklat, keju, pisang, ragout (sesuai dengan selera) 

7. Diamkan adonan yang telah diisi sampai mengembang dan  kemudian masukan adonan ke dalam oven dengan suhu sekitar 1800C. biarkanlah selama 1 sampai 2 jam. (bila semua itu oven yang digunakan tanpa jendela kontrol, sesekali amati adonanyang sedang dibakar. Hal  itu perlu diperhatikan untuk mencegah pembakaran yang berlebih). 

8. Nimatilah hasil karya anda secara bersama-sama dan buatlah penilaian terhadap hasil karya yang telah anda lakukan tersebut. Catatan: Agar roti mengembang dengan baik dan lembut dapat ditambahkan TBM (dengan nama dagang OVALET) yang sedang itu dibakar. Hal ini perlu diperhatikan untuk mencegah pembakaran yang berlebih). 

9. Nimatilah hasil karya anda secara bersama-sama dan buatlah penilaian terhadap hasil karya yang telah anda lakukan tersebut. 

Catatan: Agar roti mengembang dengan baik dan lembut dapat ditambahkan TBM (dengan nama dagang OVALET)
Cara Membuat Kue Bolu Gulung:
1.    Campur kuning telur, putih telur, dan itu gula pasir. Kocok hingga mengembang dan kaku.
2.    Tambahkan terigu sedikit- sedikit sambil diaduk melipat (dari atas ke bawah) dengan spatula. Tuang semua santan sambil diaduk melipat hingga rata.
3.    Bagi adonan menjadi 2 bagian, tambahkan semua pasta cokelat di sebagian adonan. dan Aduk rata.
4.    Oles Loyang ukuran 22x22x3 cm dengan margarine, alasi itu dengan kertas roti. Tuang 1 sendok sayur adonan putih di tengah  itu Loyang. Tambahkan 1 sendok sayur adonan cokelat di tengahnya juga.
5.    Kukus selama 15 menit. Angkat. Lepaskan semua kertas rotinya. Letakkan di atas kertas roti.
6.    Oles dengan selai cokelat. Gulung dan padatkan. Potong serong semua dan . Sajikan.
Dan itulah cara membuat roti gulung abon
Enter your email address to get update from Majuwanita.com.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2014. Majuwanita.com - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Redesign Majuwanita.com Proudly powered by Blogger