logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Faktor Penyebab Hipertensi

Majuwanita.com - Penyakit hipertensi atau lebih dikenal dengan darah tinggi ini memang bukan termasuk jenis penyakit baru. Tidak sedikit orang-orang yang pernah mengalaminya atau setidaknya mengetahui penyakit yang dapat menyebabkan stroke ini. Penyebab seseorang mengalami penyakit jenis ini tentunya diakibatkan oleh beberapa faktor disamping pola hidup yang tidak sehat, kurangnya melakukan olahraga, dan pola makan tidak teratur.
Faktor Penyebab Hipertensi

Namun selama kita mampu mencegah atau menghindari faktor yang menjadi pemicu adanya penyakit hipertensi ini, tentu akan mudah diobati sejak dini. Dalam beberapa kasus penderita hipertensi sering ditemukan adanya perilaku stress, malas, bahkan kebiasaan mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol.

Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab hipertensi, silahkan saja untuk langsung menyimaknya :

Usia
Bertambahnya usia semakin rentan bagi seseorang terkena atau menderita penyakit darah tinggi. Hal ini karena pembuluh darah mengalami peyempitan sehingga semakin lama akan semakin tersumbat. Ini berdampak pada tekanan darah menjadi menigkat.

Keturunan
Tidak hanya kemiripan fisik atau sifat yang kita warisi dari orang tua, namun ternyata penyakit pun bisa diwariskan. Hal ini terjadi karena jika salah satu atau bahkan kedua orang tua mengalami tekanan darah tinggi. Apabila keadaannya demikian kemungkinan resiko terkena penyakit ini juga sangat tinggi.

Minim Bergerak
Kurangnya mengedepankan gaya hidup gerak menjadi pemandangan yang wajar dilihat di sebagian kota-kota besar karena kesibukan yang semakin. Bekerja di kantor, duduk terus-menerus apalagi ditambah kurangnya berolahraga menjadi resiko terkena penyakit darah tinggi.

Stress
Tahukah jika terjadi stress akan berdampak pada peningkatan darah ? Hormon adrenalin-lah yang menyebabkan darah kita meningkat yang menyebabkan jantung memompa darah lebih aktif sehingga darah pun meningkat. Bukan hanya berakibat buruk pada tekanan darah saja, pada saat terjadi stress juga biasanya akan menganggu selera makan.

Konsumsi Minuman Beralkohol
Kadar Trigliserida dalam darah meningkat apabila dipicu oleh minuman berakohol yang dikonsumi. Trigliserida merupakan kolesterol jahat yang keberadaanya memicu meningkatkan tekanan darah.

Pola Makan
Kurangilah makanan yang banyak mengandung lemak, kalori, dan gula untuk mengurangi resiko penyakit hipertensi. Memang makanan tersebut sangat mudah dijumpai di berbagai tempat, namun tidak salahnya mulai dari sekarang untuk mengatur pola makan agar lebih teratur.

Berat Badan
Indeks Massa Tubuh atau BMI menjadi faktor lain meningkatnya resiko penyakit hipertensi ini. Apabila indeks massa tubuh anda 25 sampai 30 atau juga lebih, berarti berat badan anda berlebih dan resiko adanya penyakit darah tinggi lebih besar.

Kelamin (Gender)
Ketika usia 45 hingga mencapai 64 tahun biasanya baik pria maupun wanita memiliki resiko terkena hipertensi yang sama. Namun, pada saat sebelum menginjak usia 45 tahun lebih banyak pria yang mengalami hipertensi.
 
Banyak yang menganjurkan jika ingin mencegah resiko terkena hipertensi dengan konsumsi buah noni. Buah noni tersebut mengandung scopoletin yang terbukti ampuh memperlebar pembuluh darah (vasodilatasi). Buah ini juga terdapat senyawa yang dipercaya memiliki kemampuan meningkatkan kekebalan tubuh dan menstimulasi pembentukan nitrit oksida.

Selain memiliki kemampuan alami untuk mencegah terjadinya hipertensi, buah noni juga mempunyai zat xeronine. Salah satu zat yang berfungsi menurunkan tekanan darah dengan mempertahankan fungsi sel serta enzim agar tetap stabl dalam keadaan normal.


Enter your email address to get update from Majuwanita.com.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2014. Majuwanita.com - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Redesign Majuwanita.com Proudly powered by Blogger